Berita

Raih Pendanaan PPK ORMAWA, UKBA UNP Usung Program Sekolah Informal SiPaSan di Silungkang

Jumat, 9 Agustus 2024 Humas UNP - Siti Sarah 692

Unit Kegiatan Bahasa Asing (UKBA) Universitas Negeri Padang (UNP) berhasil memperoleh pendanaan dalam Program Penguatan Kapasitas Organisasi Mahasiswa (PPK ORMAWA) Adapun program yang diusung oleh UKBA dalam PPK ORMAWA tahun  ini adalah sekolah informal bagi masyarakat perempuan di Nagari Tigo Koto Silungkang dengan nama ‘SiPaSan’, singkatan dari Sikola Padusi Santiang. 

Ketua UKBA UNP Risya Iqlima Syahrul melalui keterangan tertulis yang diterima Humas UNP, Kamis (8/8/2024) mengatakan kegiatan ini merupakan program pengabdian kepada masyarakat dan dilakukan oleh mahasiswa yang tergabung dalam organisasi mahasiswa (ormawa) di kampus. Ormawa yang melaksanakan program ini diseleksi terlebih dahulu sebelum program yang dirancang didanai dan dilaksanakan. 

“Nama sekolah ini diambil dari kosakata bahasa Minang. ‘Sikola’ yang berarti sekolah, ‘padusi’ yang berarti perempuan, dan ‘santiang’ yang berarti pintar. Kurikulum yang dirancang pada sekolah informal ini yakni workshop dan pelatihan yang berkaitan dengan tiga pokok bahasan utama, yakni Entrepreneurship, Life Skill, dan Soft Skill,” terangnya.

“Saat ini, tim PPK ORMAWA UKBA sudah menyelesaikan delapan pertemuan untuk topik entrepreneurship, dengan pertemuan pertama dimulai pada tanggal 15 Juli 2024 hingga pertemuan ke-delapan pada tanggal 8 Agustus 2024,” tambahnya.

Dalam workshop, tim PPK ORMAWA juga turut menghadirkan pembicara yakni Angga Amlisio Perdana, Ketua Umum Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) PT UNP 2023 yang juga sudah berpengalaman dalam kegiatan entrepreneurship atau wirausaha. Workshop yang diberikan berkaitan dengan konsep dasar entrepreneurship, pemasaran, pembuatan laporan keuangan, dan trial digital marketing.


Share:

Informasi

The more that you read, the more things you will know, the more that you learn, the more places you’ll go.”– Dr. Seuss
Author :
Humas UNP - Siti Sarah