Berita

Mengusung tema To Contribute to the Elimination of all Conflicts in the World and the Creation of a Harmonious and Peaceful Society for Everyone on Earth, UNP kembali gelar International Public Lectures Series yang ke Tujuh

Rabu, 8 November 2023 Humas UNP - Siti Sarah 458

Padang - Lembaga Pengembangan Pendidikan dan Pelaksana Tugas Strategis  (LP3S) Universitas Negeri Padang (UNP) melalui Pusat Pendidikan, Pembelajaran dan Merdeka Belajar Kampus Merdeka (Pusdikbelmerjar) sukses menyelenggarakan International Public Lectures Series The Eurasia Foundation dengan Mr. Yoji SATO, The President of Eurasia Foundation (from Asia) sebagai keynote speaker di Ruang Sidang Senat, Gedung Rectorate & Research Center, Rabu (8/11).

Tampil sebagai moderator sekaligus penerjemah, Dianni Risda, M.Ed. dari Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) Bandung, sekaligus merupakan koordinator Eurasia Foundation Indonesia dan Dr. Nofrion, M.Pd sebagai Koordinator Program Eurasia Foundation di Universitas Negeri Padang.

"Sebagai penyelenggara rangkaian kuliah internasional ini, fokus kami adalah membekali mahasiswa dengan pemahaman mendalam tentang bagaimana menghargai dan merayakan keberagaman yang telah Tuhan anugerahkan di muka bumi ini. Kami sangat yakin bahwa perbedaan di antara kita tidak boleh menjadi sumber perpecahan, namun menjadi sumber inspirasi bagi kita untuk menjadi individu yang harmonis, hidup berdampingan di planet ini sebagai satu kesatuan." Papar PIC Eurasia Foundation untuk UNP Dr. Nofrion, Mpd dalam sambutannya.

International lectures ini bertujuan memberikan kontribusi untuk menghapuskan pertikaian dari dunia dan menjadikan kehidupan masyarakat yang damai. dengan menyelenggarakan perkuliahan di berbagai Perguruan Tinggi diharapkan dapat melakukan pertukaran pemikiran dengan mahasiswa yang muda tentang sejarah dunia, budaya, agama, politik, ekonomi dan sebagainya. Perkuliahan yang disampaikan dengan bahasa Jepang ini diikuti tidak kurang dari 150 Mahasiswa yang mewakili 9 dari 10 Fakultas yang berada di lingkungan Universitas Negeri Padang. 

Rektor UNP yang diwakili Wakil Rektor I Dr. Refnaldi, M.Litt mengungkapkan untuk menjadi World Class University, UNP akan selalu berupaya meningkatkan kualitas akademik yang salah satunya dengan mengadakan perkuliahan international seperti Eurasia ini. Ia juga mengucapkan terimakasih kepada semua pihak yang mendukung terlaksananya kuliah ini

"Kami berterimakasih kepada Mr. Yoji Sato dan juga Eurasia Foundation yang telah memberikan kesempatan ini kepada UNP," tambahnya

Melalui pemaparan, Mr. Yoji Sato menyampaikan bahwa bagaimana perbedaan pandangan di dunia menyebabkan konflik-konflik peperangan di berbagai belahan dunia yang banyak ditemui saat ini. Mr. Yoji Sato juga memaparkan perjalanannya dalam menemukan jawaban-jawaban dari empat pertanyaan: Apa itu ego? Apa itu manusia? Apa itu hidup? dan Apa substansi utama? yang dapat menjadi proposisi untuk mengartikan kebenaran abadi yang dapat menjadi jalan untuk menuju kondisi tanpa adanya pertentangan. (AB/Humas)










Share:

Informasi

The more that you read, the more things you will know, the more that you learn, the more places you’ll go.”– Dr. Seuss
Author :
Humas UNP - Siti Sarah