Berita

Kanazawa University Jepang dan Universitas Negeri Padang (UNP) Susun Kesepakatan Kerjasama U to U

Minggu, 8 Oktober 2023 Humas UNP - Siti Sarah 535

Padang, 6 Oktober 2023 - Dalam upaya menuju World-Class University, Universitas Negeri Padang (UNP) terus memperluas kerjasama internasional dengan mitra-mitra kampus luar negeri. Pada Jumat, 6 Oktober 2023, UNP mengadakan pembicaraan penting dengan Kanazawa University Jepang (KU) untuk membahas kerjasama yang lebih erat antara kedua universitas.

Dalam pertemuan tersebut, pihak UNP diwakili oleh sejumlah tokoh penting, termasuk Wakil Rektor IV Bidang Kerjasama, Prof. Dr. Yasri, MS, Kepala International Office, Prof. Rusnardi Rahmat, Staf Ahli WR IV, Prof. Pakhrur Razi, Dekan FMIPA, Dr. Yulkifli, Ketua Departemen Kimia, Budhi Oktavia, serta beberapa staf dosen lulusan Kanazawa University, seperti Miftahul Khair, Ph.D, Fitri Amelia, Ph.D, dan Dr. Eng. Yolli Fernanda. Sementara itu, dari pihak Kanazawa University, hadir Wakil Rektor Bidang Kerjasama Internasional, Prof. Yoshihito Hayashi. 

Terselenggaranya pertemuan ini melalui inisiasi Miftahul Khair, Ph.D, dosen Kimia UNP yang sekaligus merupakan mahasiswa bimbingan dari Prof. Yoshihito Hayashi selama studi S3 di Kanazawa University Jepang sebelumnya tahun 2017. Sepulang ke FMIPA UNP, Miftahul Khair mengundang Asst. Prof. Kawamoto dari Kimia Anorganik KU sebagai keynote speaker di International Conference on Mathematics, Science, Education and Technology (ICOMSET) 2018 yang diselenggarakan oleh FMIPA UNP. Lebih lanjut, mahasiswa yang bersangkutan di kimia UNP, Iqbal Aulia Fajri, S.Si juga memperoleh beasiswa The Next Generation Program Kanazawa University 2022 untuk studi S2 lanjut S3 kimia anorganik dibawah bimbingan Prof. Hayashi kembali. 

Terkait hal ini, Prof. Yoshihito Hayashi mengungkapkan bahwa, meskipun belum ada Memorandum of Understanding (MoU) resmi antara UNP dan KU, kerjasama antara kedua universitas sebenarnya telah berjalan dengan baik.  Maka melalui MoU U to U UNP dengan KU nantinya kerjasama bisa diperluas dan diperkuat. MoU ini akan memperluas kerjasama tidak hanya di tingkat labor kimia anorganik, departemen kimia, tetapi juga hingga tingkat universitas dengan melibatkan departemen lain.

Pihak UNP melalui Wakil Rektor 4 Prof. Yasri dan Prof. Rusnardi Rahmat selaku kepala International Office, menjelaskan bahwa program kerjasama yang telah dan mungkin diimplementasikan yaitu Program Mobilitas Internasional, yang mencakup: Pertama, Transfer mata kuliah internasional bagi mahasiswa selama satu semester. Kedua, program Visiting researcher, yang memungkinkan kunjungan peneliti ke dan dari UNP - KU. Ketiga, Team teaching yang memungkinkan dosen luar negeri untuk mengajar di UNP. Pihak Kanazawa University menambahkan bahwa Kanazawa University memiliki berbagai program kerjasama internasional, termasuk program untuk mahasiswa master hingga PhD (program HaKaSe+).  KU juga memiliki program studi kependidikan, sehingga bagi UNP yang memiliki program yang sama bisa menyusun program bersama.

Kantor Internasional dari kedua universitas akan melanjutkan berkomunikasi untuk membahas rincian MoU sebelum ditandatangani oleh pimpinan kampus masing-masing. Kerjasama ini diharapkan dapat membawa kedua universitas menuju reputasi internasional yang lebih besar dan berdampak positif pada dunia pendidikan.

Share:

Informasi

The more that you read, the more things you will know, the more that you learn, the more places you’ll go.”– Dr. Seuss
Author :
Humas UNP - Siti Sarah