Berita

Sejumlah Pemateri Isi Kegiatan PPKMB UNP Gelombang II

Jumat, 8 September 2023 Humas UNP - Siti Sarah 504

Padang - Begitu mendengar PKKMB, istilah ini tentu sudah tidak asing lagi ditelinga mahasiswa terutama mahasiswa baru (Maba).

Kegiatan yang merupakan singkatan dari "pengenalan kehidupan kampus bagi mahasiswa baru" ini bertujuan untuk memberi pembekalan kepada mahasiswa baru agar bisa beradaptasi cepat dengan lingkungan kampus.

PKKMB biasa dilaksanakan saat mahasiswa baru memulai kehidupan kampusnya oleh seluruh perguruan tinggi di Indonesia tak terkecuali Universitas Negeri Padang (UNP).

Hari ini, Kamis (7/9/2023) UNP menggelar PPKMB Gelombang II hingga Jumat (8/9/2023) di Aula Fakultas Matematika dan Pengetahuan Alam (FMIPA) yang akan diisi oleh sejumlah pemateri.

Kegiatan ini diawali pembukaan oleh Rektor UNP Prof. Ganefri, Ph.D kemudian dilanjutkan oleh materi yang disampaikan Wakil Rektor I Dr. Refnaldi, S.Pd, M.Litt, dimoderatori oleh Yulianto Santosa, S.Pd, M.Pd.

Adapun materi yang disampaikannya mengenai sistem pendidikan di Indonesia dan pelayanan dan pembinaan organisasi kampus. Setelah itu Maba disuguhi materi oleh BNN Provinsi Sumatera Barat, Multia Qairanni, M.I.Kom yang dimoderatori oleh Dr. Zikri Alhadi, S.Ip M.A.

Dilanjutkan sosialisasi Organisasi Mahasiswa (Ormawa) UNP, lalu materi Kehidupan berbangsa, bernegara dan pembinaan kesadaran bela negara oleh Korem, Kapt. Inf. Hermansyah yang dimoderatori oleh Irma Yulia Basri, S.Pd, M.Eng , Dilanjutkan materi sosialisasi layanan UPT bahasa oleh Indah Fachriyani, S.Pd.  dan Sakuntala Ariesti Ruswandi, S.S. dan Kepala UPT Perpustakaan. Dr. Asrul Huda, S.Kom., M.Kom yang dimoderatori oleh Drs. Nelvi Erizon, M.Pd.

Di hari kedua dilanjutkan dengan sosialisasi mengenai fasilitas dan manfaat unit kesehatan kampus, keselamatan, kesehatan kerja dan lingkungan (K3L) dan kesadaran lingkungan hidup, manajemen risiko, dan kampus sehat oleh dr.Pudia, M.Kes, AIFO serta Layanan Bimbingan dan Konseling oleh Kepala UPT. UPBK, Dr. Yarmis, M.Pd., Kons yang dimoderatori oleh Drs. Esy Maestro, M.Sn. Sementara itu pada sesi siang Pengenalan Sistem IT UNP dan Sistem Daring oleh Kepala UPT. LDTI Dr. Taali, M.T dan Mohamad Amin, S.Kom, M.Kom yang dimoderatori oleh Drs.Yushamdi. 

Dan yang terakhir pengembangan karakter mahasiswa sebagai intelektual anti perundungan dan kekerasan seksual oleh Kepala PPKS UNP, Dr. Fatmariza dan Materi MBKM oleh Dr. Nofrion, M.Pd. yang dimoderatori oleh Irma Yulia Basri, S.Pd, M.Eng. Sedangkan pamteri latihan Mars dan Hyme UNP oleh Firnando Sabetra, S.Pd., M.Pd.(utr/ss/ Humas UNP)


Share:

Informasi

The more that you read, the more things you will know, the more that you learn, the more places you’ll go.”– Dr. Seuss
Author :
Humas UNP - Siti Sarah