Berita

Tingkatkan Kemampuan Bahasa Inggris Mahasiswa, PUSDIKBELMERJAR, LP3S UNP Melakukan Revitalisasi Kurikulum MKU Bahasa Inggris

Kamis, 8 Juni 2023 Humas UNP - Siti Sarah 743

Padang - Seiring dengan program internasionalisasi UNP menuju World Class University, kemampuan mahasiswa dalam berbahasa Inggris perlu ditingkatkan. Apalagi saat ini, UNP telah membuka kelas internasional dengan pengantar berbahasa Inggris dan hadirnya mahasiswa asing dari berbagai negara. Berdasarkan hal tersebut, Pusat Pendidikan, Pembelajaran dan Merdeka Belajar/PUSDIKBELMERJAR yang berada di LP3S UNP dengan tugas dan fungsi mengembangkan pendidikan dan inovasi pembelajaran mengadakan kegiatan Revitalisasi Kurikulum Mata Kuliah Umum/MKU Bahasa Inggris di UNP. 

Kegiatan ini dilaksanakan pada hari Sabtu, tanggal 3 - 27 Juni 2023 di Gedung MKU UNP. Kegiatan ini diikuti oleh tim pengembang MKU Bahasa Inggris UNP yang terdiri dari, 1) Syafitri Ramadhani, S.Pd., M.Pd, 2) Rifki Oktofiandry, S.Pd., M.Hum, 3) Nora Fudhla, S.Pd., M.Pd., 4) Lafziatul Hilmi, S.Pd., M.Pd., 5) Ririn Ovilia, S.Pd., M.Pd., 6) Senorica Yulia Sari, S.Pd., M.A., dan 7) Nofrina Eka Putri, S.Pd., M.Pd (ketua Tim). Hadir sebagai narasumber dalam kegiatan ini adalah Dr. Refnaldi, M. Litt (wakil Rektor 1 Universitas Negeri Padang), Prof. Yenni Rozimela, M. Ed., Ph. D (Direktur Sekolah Pascasarjana, UNP) serta Dr. Nofrion, M. Pd (Kepala Pusat Pendidikan, Pembelajaran dan Merdeka Belajar, LP3S UNP).

Wakil Rektor 1 UNP dalam paparannya menjelaskan bahwa dalam panduan akademik dan kurikulum UNP tahun 2020 ditetapkan bahwa Bahasa Inggris adalah salah satu mata kuliah umum tingkat universitas yang wajib diambil oleh semua mahasiswa UNP. Lebih jauh disampaikan bahwa saat ini masih banyak mahasiswa yang tidak lulus dalam mengikuti ujian kemampuan berbahasa Inggris sebagai salah satu syarat ujian skripsi dan wisuda di UNP. Oleh sebab itu. MKU Bahasa Inggris diharapkan mampu membantu mahasiswa mempersiapkan lebih awal untuk ujian kemampuan berbahasa Inggris. Prof. Yenni Rozimela, M. Ed., Ph. D yang juga menjadi narasumber dalam kegiatan ini lebih banyak menyampaikan penguatan konten dan kompetensi yang akan dicapai dalam mata kuliah ini. Termasuk menerapkan pembelajaran dengan Case Method dan Team Based Project sesuai IKU 7. 

Kapusdikbelmerjar, Dr. Nofrion, M. Pd dalam sesinya menyampaikan tentang pengembangan RPS MKU Bahasa Inggris yang mengacu kepada OBE dan IKU 7. Setelah kegiatan sehari ini dilaksanakan maka dilanjutkan dengan kerja tim dan akan bertemu Kembali tanggal 27 Juni 2023 untuk membahas draf Kurikulum dan RPS MKU Bahasa Inggris di UNP. (Humas/DS).




Share:

Informasi

The more that you read, the more things you will know, the more that you learn, the more places you’ll go.”– Dr. Seuss
Author :
Humas UNP - Siti Sarah