Berita

Tingkatkan Daya Saing Lulusan, Prodi Manajemen FEB UNP Gelar Workshop Pemutakhiran Kurikulum OBE Merdeka Belajar Kampus Merdeka

Selasa, 6 Agustus 2024 Humas UNP - Siti Sarah 1277

Padang - Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Universitas Negeri Padang (UNP) menggelar kegiatan Pemutakhiran Kurikulum Outcome Based Education (OBE) Merdeka Belajar Kampus Merdeka pada Sabtu (3/8/2024) lalu.

Berdasarkan keterangan tertulis yang diterima Humas UNP, Selasa (6/8/2024), acara tersebut dibuka langsung oleh Dekan FEB Prof. Perengki Susanto, SE, M.Sc, Ph.D. Menurutnya workshop ini sangat penting untuk menjawab berbagai perubahan yang terjadi di dunia industri sehingga diharapkan kurikulum yang ditawarkan oleh Departemen Manajemen dapat menghasilkan lulusan yang berdaya saing.

Hal senada juga disampaikan oleh Kepala Departemen Manajemen Dr. Syahrizal, SE, M.Si. Ia berharap melalui workshop ini, perubahan kurikulum S1 Manajemen 2024 dapat diseminasikan kepada seluruh dosen-dosen departemen manajemen. Tak hanya itu, lanjutnya workshop ini diharapkan dapat mengingatkan kembali, menguatkan pemahaman dosen-dosen senior mengenai konsep pembelajaran OBE dan bagi dosen-dosen muda, dapat mengetahui dan memahami konsep pembelajaran ini yang digunakan dalam kegiatan belajar-mengajar di prodi S1 Manajemen. 

“Melalui workshop ini juga disepakati coordinator pengampu mata kuliah dan anggota tim masing-masing. Hal ini akan memudahkan dosen muda mengenal dan berkomunikasi dengan dosen-dosen senior yang pakar pada mata kuliah tersebut. Terakhir, workshop ini bertujuan untuk menghasilkan keseragaman RPS untuk setiap mata kuliah sesuai kurikulum yang sudah diperbaharui. Sebelumnya, RPS yang beredar di kalangan dosen berbeda-beda dan tidak seragam,” tambahnya

Sementara Kasubdit Inovasi Pembelajaran dan MBKM, Dr. Nofrion, M.Pd. sebagai narasumber dalam kegiatan itu mengatakan bahwa untuk menghasilkan lulusan yang mempunyai kompetensi yang baik, diperlukan proses pendidikan yang baik pula. Proses ini sangat berkaitan dengan proses pembelajaran yang ada di dalamnya, dan inilah yang menjadi salah satu alasan dikembangkannya kurikulum Outcome-Based Education (OBE).

“Outcome-Based Education (OBE) juga salah satu pendekatan yang menekankan pada keberlanjutan proses pembelajaran secara inovatif, interaktif, dan efektif. Sehingga penerapan OBE berpengaruh pada keseluruhan proses Pendidikan,” ungkapnya saat memaparkan materi. (utr/Humas UNP)



Share:

Informasi

The more that you read, the more things you will know, the more that you learn, the more places you’ll go.”– Dr. Seuss
Author :
Humas UNP - Siti Sarah