Berita

PKM Peningkatan Kompetensi Perangkat Nagari Koto Baru Simalanggang: Pelatihan Penyusunan Laporan Keuangan Berbasis Digital

Minggu, 6 Agustus 2023 Humas UNP - Siti Sarah 529

Pengabdian Masyarakat   merupakan salah satu unsur penting dari kegiatan Tri Dharma Perguruan Tinggi yang bertujuan agar kampus bisa menjadi solusi dari permasalahan nyata   yang terjadi pada masyarakat. Kegiatan PKM Peningkatan Kompetensi Perangkat Nagari Koto Baru Simalanggang Melalui Pelatihan Penyusunan Laporan Keuangan Berbasis Digital merupakan Kegiatan Pengabdian Masyarakat yang dilakukan oleh Tim Pengabdi Fakultas Ekonomi UNP Yang diketuai Oleh Elvi Rahmi, S.Pd, M.Pd dari Departemen Pendidikan Ekonomi, dengan Anggota Aimatul Yumna, S.E, M.Fin Phd dari Departemen Manajemen, dan Dr. Deviani, S.E , M.Si Ak Departemen Akuntansi. Sedangkan sebagai pemateri kegiatan PKM adalah Halkadri Fitra, S.E, M.M Ak dari Departemen Akuntansi yang memiliki latarbelakang kepakaran Akuntansi Pemerintahan.

Kegiatan ini dilakukan di Kantor Wali Nagari Koto Baru Simalanggang   Kecamatan Payakumbuh Kabupaten  Lima Puluh Kota  Pada Hari Sabtu 5 Agustus 2023 dihadiri oleh semua perangkat Nagari dan kepala jorong. Metode pelatihan yang diberikan berbentuk bimbingan terpadu, dimulai dengan melakukan pretest terkait kemampuan peserta mengenai pengelolaan keuangan nagari, kemudian dilanjutkan dengan pemberian materi diselingi tanya jawab dan diskusi. Akhir pelatihan peserta melakukan posttest dan juga diberikan angket untuk melihat respon peserta terkait pelatihan yang diberikan.Pengelolaan keuangan memerlukan akuntabilitas dan transparansi kepada masyarakat karena dana yang digunakan bersumber dari dana masyarakat. Oleh karena itu diperlukan kompetensi yang memadai dari perangkat nagari   dalam mengelola dan menyusun laporan keuangan.Output dari pelatihan ini diharapkan perangkat nagari mampu menyusun laporan keuangan dengan menggunakan aplikasi digital siskudes yang sesuai dengan aturan pengelolaan keuangan desa dan sesuai dengan  kebutuhan nagari.


Share:

Informasi

The more that you read, the more things you will know, the more that you learn, the more places you’ll go.”– Dr. Seuss
Author :
Humas UNP - Siti Sarah