Berita

Laboratorium Inkubator Bisnis Di FEB UNP Gelar Workshop Penyusunan Business Plan

Selasa, 5 Maret 2024 Humas UNP - Siti Sarah 737

Padang - Pada tanggal 03 Maret 2024, Laboratorium Inkubator Bisnis di FEB Universitas Negeri Padang (UNP) yang dikepalai oleh Efni Cerya, S.Pd.M.Pd.E mengadakan workshop penyusunan business plan yang dihadiri oleh lebih dari 175 peserta dari 8 prodi yang ada di FEB UNP. Workshop yang bertema “Membidik Peluang Usaha Di usia Muda Melalui Entrepreneurship“ ini bertujuan untuk memberikan motivasi berwirausaha dan wawasan mendalam kepada peserta tentang langkah-langkah praktis dalam menyusun rencana bisnis yang komprehensif dan efektif.

Dalam workshop tersebut, para peserta diberikan pengetahuan dan keterampilan praktis tentang aspek-aspek kunci dalam menyusun proposal business plan, termasuk analisis pasar, strategi pemasaran, perencanaan keuangan, dan manajemen risiko bersama 2 narasumber berlatarbelakang praktisi bisnis dan reviewer proposal PKM yaitu Fahmil Haris, S.Pd.,M.Pd dan Arief Maulana, SE.,MM. 

Para peserta juga diajak untuk berpartisipasi dalam sesi pratikum, yang memungkinkan mereka untuk mengembangkan ide usaha dalam bentuk proposal bisnis berdasarkan template kompetisi kewirausahaan yang ada. Sesi pratikum dibimbing oleh narasumber, kepala laboratorium inkubator bisnis FEB UNP dan juga 11 orang mentor yang merupakan mahasiswa pemenang PMW tahun 2023. 

Menurut Efni Cerya,S.Pd.,M.Pd.E, Kepala Laboratorium Inkubator Bisnis di FEB UNP, workshop ini bertujuan untuk memberikan dukungan kepada mahasiswa dalam mengembangkan ide bisnis mereka menjadi rencana yang solid dan berkelanjutan sekaligus sebagai strategi pencapaian Indeks Kinerja Utama 1 (IKU1) Perguruan Tinggi dalam menghasilkan wirausahawan. "Kami sangat senang melihat antusiasme yang tinggi dari peserta workshop ini. Dengan adanya pengetahuan dan keterampilan yang diperoleh dari workshop ini, kami berharap para peserta dapat memperkuat potensi bisnis mereka dan meningkatkan peluang kesuksesan di kompetisi kewirausaahan, serta merealisasikan bisnisnya di tengah masyarakat secara berkelanjutan," ujarnya.

Salah satu peserta workshop, Ardita Rahmalia, mahasiswa departemen Pendidikan Ekonomi di FEB UNP, menyatakan bahwa workshop ini sangat bermanfaat baginya dalam memahami proses penyusunan business plan secara menyeluruh. "Saya merasa lebih percaya diri sekarang untuk mengembangkan ide bisnis saya dan merencanakan langkah-langkah strategis ke depan," ujar Dita.

Dengan suksesnya workshop penyusunan business plan yang diadakan oleh Laboratorium Inkubator Bisnis di FEB Universitas Negeri Padang, Kepala Labor dan segenap panitia menyampaikan apresiasi yang mendalam kepada semua peserta, narasumber, dan mentor yang telah berpartisipasi aktif dalam acara ini. Keberhasilan workshop ini merupakan bukti dari semangat dan dedikasi dalam mendukung pengembangan kewirausahaan di kalangan mahasiswa. Semoga kerjasama dan kolaborasi ini dapat terus berlanjut untuk menciptakan generasi wirausaha yang berdaya saing dan inovatif.









Share:

Informasi

The more that you read, the more things you will know, the more that you learn, the more places you’ll go.”– Dr. Seuss
Author :
Humas UNP - Siti Sarah