Berita

Dr. H. Ahmad Kosasih, M.Ag, Dosen Departemen Ilmu Agama Islam FIS UNP Jadi Juri MTQMN XVII Tahun 2023

Selasa, 3 Oktober 2023 Humas UNP - Siti Sarah 600

Padang- Dosen Departemen Ilmu Agama Islam Fakultas Ilmu Sosial (FIS) Univesitas Negeri Padang (UNP) Dr. H. Ahmad Kosasih, M.Ag ditunjuk menjadi juri Musabaqah Tilawatil Quran Mahasiswa Nasional MTQMN XVII tahun 2023 yang dilaksanakan di Universitas Brawijaya, Malang. Jawa Timur.

Adapun penunjukan ini tertuang dalam surat Keputusan Kepala Balai Pengembangan Talenta Indonesia Sekretariat Jenderal Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, Dan Teknologi Nomor 1660/J7.1/PN.00/2023 Tentang Pembentukan Dewan Pengawas, Dewan Hakim Dan Panitera Musabaqoh Tilawatil Quran Mahasiswa Nasional (MTQMN) Ke-XVII Tahun 2023 yang di tandatangani oleh Asep Sukmayadi, Rabu (23/9/2023) di Jakarta.

Pria yang kerap disapa Pak Sas ini ketika dihubungi lewat pesan Whatsapp mengaku merasa bersyukur bisa ditujuk mewakili UNP, Departeman IAI FIS menjadi juri MTQMN XVII th 2023 ini. 

“Saya bersyukur dapat mengabdikan sedikit pengetahuan di bidang Tilawatil Qur`an dan Perhakiman (Penjurian) baik kepada masyarakat kampus (UNP, Dep. IAI FIS,red) maupun masyarakat umum,” paparnya.

Ia juga berharap adanya semacam wadah pemebinaan MTQ di UNP khususnya Dep IAI FIS baik itu bernama LPTQ, Pusat Kajian Al-Qur`an yang dikembangkan dengan Divisi-Divisi seperti: Kajian Tilawah, Kajian Tafsir, PerMTQan dll atau nama lain sesuai dengan nomenkelatur Kampus seperti pada PT-PT lainnya di Indonesia. 

“Jadi, pembinaan Qari/ah dan cabang-cabang MTQ lainnya tdk hanya dilakukan secara sporadis tapi terstruktur, bersistem dan berkesinambungan. Itu harus dikerjakan dan didukung secara bersama-sama. Motornya harus diserahkan kepada  orang2 yang punya pengetahuan dan pengalaman di bidang itu, lalu didukung oleh yang lainnya. Basamo makok manjadi. Kemudian ini juga bisa dikembangkan ke dalam bentuk Laboratorium. Misalnya Labor Tilawatil Qur`an. Kan satu Prodi boleh memiliki lebih dari satu labor. Atau semacam "Bengkel Tilawah"," tambahnya.

MTQ Mahasiswa merupakan ajang dua tahun sekali yang dilaksanakan oleh Kemendikbudristek dalam upaya pengembangan talenta mahasiswa dibidang Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ). Pada MTQMN ke XVII th 2023 kali ini terdapat 11 bidang yang akan dilombakan, diantaranya Hifdzil Qur’an, Tilawatil Qur’an, Tartil Qur’an, Qira’at Sab’ah, Khattil Qur’an, Fahmil Qur’an, Syahril Qur’an, Karya Tulis Ilmiah Al-Qur’an, Desain Aplikasi Al-Qur’an, Debat Ilmiah Al-Qur’an, Pembacaan Kitab Maulid Nabi Muhammad SAW. 

Sebelumnya tahun 2013 pada MTQMN ke-XIII, UNP bersama Unand Pernah menjadi tuan rumah, dimana UNP berhasil meraih juara umum 3. Pada waktu itu diikuti lebih dari 1.500 khafilah yang berasal dari 150 Perguruan Tinggi se-Indonesia.

Didunia Per-MTQ-an Dr. H. Ahmad Kosasih, M.Ag tidaklah asing lagi, baik jadi peserta (pemain) maupun jadi Hakim/Juri (wasit). Ini bisa dilihat dari prestasi yang pernah diraihnya ketika jadi pemain MTQ diantaranya :

1.Peserta MTQ antar siswa yang diadakan oleh PGAN Koto Baru Padang Panjang Tahun 1976. Peringkat III utusan MAAIN Gunung Padang Padang.

2.Peserta MTQ Antar Masjid se-Kotamadya Padang yang diselenggarakan di Masjid Mujahidin Seberang Padang tahun 1977. Peringkat I dengan hadiah Bintang Mas. 

3.Peserta MTQ Antar Perguruan Tinggi se-Sumbar yang diselenggarakan di Masjid Al-Azhar Kampus Perguruan Tinggi Air Tawar Padang tahun 1979. Peringkat I, utusan IAIN IB Padang.

4.Peserta MTQ Nasional Provinsi Sumbar yang diselenggarakan di Masjid Nurul Iman Padang tahun 1979. Utusan Perguruan Tinggi.

5.Peserta MTQ Nasional Tk. Kotamadya Padang tahun 1982. Peringkat I utusan Kecamatan Pauh

6.Peserta MTQ Nasional Provinsi Sumbar yang diselenggarakan di Batu Sangkar tahun 1982. Peringkat III, utusan Kotamadya Padang.

7.Peserta MTQ antar Masjid se Kodya Padang yang diselenggarakan Masjid Jamik Jl. Tunggang, Kuranji tahun 1984. Peringkat I

8.Peserta Lomba Syarhil Qur`an (LSQ) dalam rangka Pekan Budaya Sumbar di GOR H. A. Salim tahun 1985, utusan Kodya Padang. Peringkat II.

9.Peserta Lomba Pidato P4 dalam rangka HUT Taman Budaya Padang (Pusat Kesenian Padang) tahun 1984. Peringkat I.

Sementara itu ketika jadi Juri Dewan Hakim (wasit) yaitu :

1.Menjadi Dewan Hakim Cabang Karya Ilmiah berbasis Al-Qur`an pada MTQ Mahasiswa Nasional ke-15, Tahun 2015 di Universitas Indonesia, Depok.

2.Pelatih dan Pendamping Mahasiswa utusan UNP pada Acara MTQ Mahasiswa Nasional ke-16, Tahun 2017, di Universitas Brawijaya Malang.

3.Menjadi Dewan Hakim pada MTQ Nasional Tk. Provinsi Sumbar, Tahun 2015, di Kota Sawah Lunto.

4.Menjadi Dewan Hakim pada MTQ Nasional Tk. Provinsi Sumbar, Tahun 2017, di Kota Pariaman.

5.Menjadi Dewan Hakim dalam MTQ Nasional Tk. Kabupaten Kota di beberapa Kabupaten/Kota se Sumatera Barat.

6.Menjadi Dewan Hakim pada MTQ Nasional Tk. Provinsi Sumbar, Tahun 2019, di Kota Solok.

7.Menjadi Dewan Hakim Cabang  Syarhil Qur`an pada MTQ Mahasiswa Nasional ke-16, Tahun 2019 di Universitas Syah Kuala, Banda Aceh.

8.Menjadi Dewan Hakim pada MTQ Nasional Tk. Prov. Sumbar tahun 2021 di Kota Padang Panjang

(utr/Humas UNP)





Share:

Informasi

The more that you read, the more things you will know, the more that you learn, the more places you’ll go.”– Dr. Seuss
Author :
Humas UNP - Siti Sarah