Berita

JICA SDGs Indonesia Minta SDGs Center UNP sebagai Model Implementasi SDGs Berbasis Desa di Indonesia

Senin, 1 April 2024 Humas UNP - Siti Sarah 120

Padang---Japan International Cooperation Agency (JCA) Sustainable Development Goals (SDGs) melakukan kolaborasi dengan SDGs Center Universitas Negeri Padang (UNP) dalam bentuk sharing knowledge untuk penguatan institusi kedua lembaga ini, Senin, 1/4. Kegiatan ini dilakukan  secara daring melalui aplikasi zoom meeting. Dalam kegiatan diskusi ini dari pihak JICA SDGs hadir Dr. Djonet Santoso, M. A dan Aldie Danoesubroto. Sementara dari UNP hadir Direktur SDGs UNP Dr. Erianjoni, M.Si, Sekretaris SDGs Dr. Ret. Nat Deski Beri, M.Si dan Koordinator Bidang SDGs UNP Prof. Dr. Abna Hidayati, M.Pd, Prof. Pahkrur Razi, M. Si, Ph.D dan Dr. Nofriyendi Sudiyar, M.Si.

Dalam pemaparan materinya Direktur SDGs UNP Dr. Erianjoni, M.Si mengatakan bahwa “ Keberadaan SDGs sangat urgen terkait dengan visi UNP menuju World Class University, makanya setelah tiga tahun perjalanan SDGs UNP telah melaksanakan berbagai program yang lebih fokus pada pemberdayaan masyarakat desa melalui riset kolaborasi dengan Kemendes -PTT- RI dan kegiatan KKN Tematik,  penyusunan RAD Provinsi Sumbar bersama BAPPEDA, program penurunan angka stunting dengan BKKBN dan mitra Dinas Pemberdayaan Desa di kabupaten/ kota di Sumbar yang banyak lokusnya di tengah desa/ nagari di Sumbar” kata Direktur SDGs yang juga Sekretaris Universitas UNP ini.

Sementara Kepala  JICA SDGs Dr. Djonet Santoso, M.A mengatakan “ kami minta SDGs Center menjadi salah satu model implementasi program SDGs berbasis Desa di Indonesia, untuk kita akan merancang sebuah program bersama yang melibatkan SDGs yang ada di Perguruan Tinggi dan terbentuknya jaringan antar SDGs di Indonesia yang akan dieksekusi dalam pertemuan nasional SDGs yang akan digelar bulan Juni 2024 mendatang di Jakarta”.

Pada pertemuan yang berlansung kurang lebih 90 menit tersebut pihak JICA SDGs juga memaparkan program mereka ke depan. Pihak SDGs Center UNP juga menyampaikan beberapa capaian ke depan, dan rencana restrukturisasi organisasinya dalam waktu dekat, dari 6 bidang item SDGs menjadi 17 item, sehingga lembaga ini makin kuat dan progress. (Er/ Humas UNP)


Share:

Informasi

The more that you read, the more things you will know, the more that you learn, the more places you’ll go.”– Dr. Seuss
Author :
Humas UNP - Siti Sarah