Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia dan Daerah FBS UNP akan Gelar Seminar Nasional Bahasa, Sastra, dan Perpustakaan

Undangan Menyajikan Makalah

Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia dan Daerah mengundang dosen, peneliti, guru, mahasiswa untuk berpartisipasi dalam Seminar Nasional Bahasa, Sastra, dan Perpustakaan yang akan dilaksanakan pada 23 Mei 2015 di Gedung Teater FBS UNP.

Latar Belakang
Karakter bangsa pada saat ini harus secara berkelanjutan dibangun seiring perkembangan media komunikasi yang membuat informasi dengan mudah diterima oleh masyarakat. Fenomena itu tidak akan terelakkan. Hanya, yang perlu dipikirkan bagaimana caranya agar nilai-nilai luhur bangsa tetap dapat dilestarikan.

Salah satu caranya adalah dengan meningkatkan peran lembaga pendidikan dalam membentuk karakter guru dan siswanya. Dalam rangka itu, kegiatan ini menjadi mediator untuk mempertemukan orang-orang yang berperan dalam dunia pendidikan. Para peserta baik guru, dosen, mahasiswa, maupun umum berbagi pengetahuan dan pengalaman sehingga dapat saling melengkapi dan mengusung konsep dan nilai yang sama dalam membangun karakter bangsa khususnya dalam pembelajaran bahasa dan sastra.

Di samping itu, kegiatan ini juga menggali fungsi perpustakaan pada sebuah lembaga pendidikan yang sangat penting dan turut membangun karakter bangsa. Perpustakaan menjadi titik sentral akumulasi pengetahuan sehingga ia tidak tergeser pada saat semua referensi dapat ditemukan dengan mudah di internet. Di samping itu, kegiatan ini juga dapat mengubah streotipe bahwa perpustakaan bukan hanya tempat untuk mencari buku-buku lama/usang melainkan wadah untuk mengaktualisasikan kreativitas peserta didik.

Berdasarkan hal tersebut, Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia dan Daerah, Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Negeri Padang mengadakan Seminar Nasional dengan tema “Pembangun Karakter Bangsa melalui Penggalian Nilai-Nilai Luhur Budaya”

Tema

“Pembangunan Karakter Bangsa melalui Penggalian Nilai-nilai Luhur Budaya”

Sub Tema

  • - Pemberdayaan Teks Sastra sebagai Basis Pendidikan Karakter
  • - Estetika Lokalitas dalam Bahasa dan Sastra Indonesia
  • - Kesantunan Berbahasa
  • - Menggali Nilai-nilai Kearifan Lokal Nusantara melalui Literasi Informasi
  • - Bahasa dan Sastra Indonesia dan Pembelajarannya
  • - Pemertahanan dan Pelestarian Bahasa
  • - Variasi Bahasa dalam Konteks Kearifan Lokal
  • - Eksistensi Ilmu Perpustakaan dalam Pembangunan Karakter Bangsa
  • - Pemanfaatan Teknologi Informasi dalam Penelitian, Pembelajaran Bahasa, Sastra Indonesia, dan Perpustakaan

Pemakalah Utama

  1. Prof. Dr. Suminto A. Sayuti Universitas Negeri Yogyakarta
  2. Dr. Laksmi Universitas Indonesia

Pemakalah Pendamping

  • Panitia memberikan kesempatan kepada dosen, guru, mahasiswa, peneliti, dan pemerhati pendidikan untuk menjadi pemakalah dengan menyajikan makalah pada sesi paralel seminar.
  • Makalah ditulis berdasarkan hasil penelitian atau pemikiran inovatif yang sesuai dengan tema seminar.

Makalah Pendamping

  • Makalah ditulis lengkap sesuai dengan ketentuan Panitia, menggunakan Ms-Office Word 97-2003 atau 2007, dalam Bahasa Indonesia, spasi satu, antara 8 sampai 10 halaman kertas A4, nomor halaman di sisi kanan bawah, mengutip dalam kalimat/tanpa footnote, header dan footer; menuliskan judul dengan huruf kapital yang diikuti nama asli institusi dan alamat email pemakalah, sekaligus menyertakan daftar pustaka (MLA/APA style) dan biodata pemakalah.
  • Makalah lengkap dikirim ke e-mail narahubung Panitia basapustaka@gmail.com zulfadli@fbs.unp.ac.id paling lambat 25 April 2015.

Informasi Lebih Lanjut Hubungi

Contact Person & e-mail Narahubung

Unduh Brosur