Penyaluran Minat dan Bakat

Dalam penyaluran dan pengembangan minat, bakat, keterampilan, softskills, kemandirian, sikap kritis, dan kreativitas serta kesejahteraan mahasiswa di UNP terdapat 12 Unit Kegiatan Mahasiswa dan Lembaga Pers Mahasiswa, yaitu sebagai berikut:

  1. PPIPM (Pusat Penelitian Ilmiah dan Pengembangan Mahasiswa): Bidang kegiatan penelitian ilmiah dan penalaran. UKM ini melahir para peneliti muda yang aktif dalam kegiatan penulisan ilmiah.
  2. UKKPK (Unit Kegiatan Komunikasi dan Penyiaran Kampus): UK ini menyalurkan dan mengembangkan keterampilan mahasiswa dalam bidang komunikasi, penyiaran, jurnalistik, kehumasan, public relation, dan public speaking. Untuk menyalurkan dan melatih anggota, UKM ini memiliki Radio Kampus SIGMA FM di gelombang 106,4 MHz. Radio ini telah melahirkan banyak penyiar Radio yang berkiprah di Kota Padang dan sekitarnya. Saat ini radio SIGMA FM UKKPK UNP juga dapat disimak secara online pada alamat http://shoutcast.unp.ac.id:8910/listen.pls. Tenaga MC (master of ceremony) pada berbagai even lokal dan nasional, dan juga wartawan pada berbagai media massa.
  3. MENWA (Resimen Mahasiswa): bidang kegiatan kemiiliteran, dan kedisiplinan.
  4. UK Pramuka: Pengembangan minat mahasiswa dalam bidang kepanduan.
  5. UK-MPALH (Mahasiswa Pencinta Alam dan Lingkungan Hidup): UK ini menyalurkan dan mengembangkan minat mahasiswa dalam konservasi alam, kepedulian lingkungan, pendakian gunung, dan petualangan. UK MPALH juga aktif dalam kegiatan SAR (Search and Rescue) yang siap diperbantukan dalam penangan bencana, orang hilang, dan membantu BPBD.
  6. UK-KOPMA (Koperasi Mahasiswa): UK ini mengembangkan minat mahasiswa dalam kegiatan bisnis dan kewirausahaan. UKM ini memiliki beberapa unit usaha yang terdapat di Kampus UNP.
  7. UKK (Unit Kegiatan Kerohanian): UK ini mengembangkan minat mahasiswa dalam bidang dakwah kampus.
  8. UK-KSR (Korps Sukarela) PMI: UK ini mengembangan minat mahasiswa yang peduli dengan Palang Merah, kegiatan sosial, dan membantu korban bencana.
  9. UK-KES (Unit Kegiatan Kesenian): mengembangkan minat mahasiswa dalam bidang seni budaya. Kegiatan UK-Kes terdiri dari berbagai aktivitas seni, seperti lagu, tari, teater, dll.
  10. UKO (Unit Kegiatan Olah Raga): mengembangkan minat mahasiswa dalam berbagai cabang olahraga.
  11. UK-WP2SOSPOL  (Wadah Pengembangan Pengkajian Sosial Politik): UK ini mengembangkan jiwa kritis mahasiswa dalam bidang sosial politik.
  12. UKFF (Unit Kegiatan Film dan Fotografi): UK ini mengembangkan minat dan keterampilan mahasiswa dalam pembuatan film dan fotografi.
  13. Lembaga Pers Mahasiswa Ganto: lembaga mahasiswa yang mengembangkan mahasiswa dalam keterampilan jurnalistik. LPM ini menerbitkan satu Tabloid "Ganto" yang terbit setiap bulan dan Ganto Online.
  14. UK Paskibra. Unit kegiatan ini membina dan mengembangkan keterampilan mahasiswa yang tertarik dengan paskibra.

Di samping UKM di atas, saat ini juga tengah dirintis Unit Kegiatan Debat (UKD) yang saat ini masih berada di bawah binaan Jurusan Bahasa dan Sastra Inggris. Anggota perintis UKD ini telah melahirkan para debater yang mampu mengukir prestasi di tingkat Sumatera Barat, regional, nasional, dan Internasional.