Organisasi Kemahasiswaan

Untuk mengembangkan potensi mahasiswa secara maksimal UNP juga mendorong dan memberi wadah bagi kegiatan pengembangan diri mahasiswa. Kegiatan kemahasiswaan ini diakomodasi dalam berbagai program yang bertujuan mewujudkan mahasiswa yang bertaqwa, cerdas, kritis, santun, berakhlaq mulya, demokratis, bertanggungjawab, disiplin, kreatif, mandiri, dan berdaya saing.

Oleh karena itu, mahasiswa UNP tidak hanya belajar tentang hal-hal yang berhubungan dengan akademis (kurikuler) saja, tetapi juga diberi berbagai pengalaman dan keterampilan yang bermanfaat (kegiatan ekstra kurikuler). Kegiatan mahasiswa di dalam kampus mencakup pengembangan organisasi mahasiswa yang sehat, dan pembinaan sumber daya manusia berkualitas yang berkesinambungan.

Dalam kegiatan kemahasiswaan, UNP menerapkan sistem pemerintahan kemahasiswaan dengan pembentukan badan-badan berikut:
  1. Badan Eksekutif Mahasiswa Universitas (BEM-U) yang dipimpin oleh Presiden Mahasiswa
  2. Majelis Permusyawaratan Mahasiswa (MPM) sebagai badan legislatif di tingkat universitas,
  3. Badan Eksekutif Mahasiswa Fakultas (BEM-F) yang dipimpim gubernur,
  4. Badan Permusyawaratan Mahasiswa (BPM) sebagai lembaga legislatif di fakultas, dan
  5. Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ) dan program studi. 

Sistem pemerintahan mahasiswa ini merupakan miniatur sebuah negara sebagai wadah pembelajaran dan pengalamaan bagi mahasiswa.


Kemudian disamping organisasi BEM dan lembaga legislatif mahasiswa, untuk pengembangan minat, bakat, keterampilan, softskills, kemandirian, sikap kritis, dan kreativitas serta kesejahteraan mahasiswa di UNP juga terdapat 12 Unit Kegiatan Mahasiswa dan Lembaga Pers Mahasiswa, yaitu sebagai berikut:

  1. PPIPM (Pusat Penelitian Ilmiah dan Pengembangan Mahasiswa): Bidang kegiatan penelitian ilmiah dan penalaran. UKM ini melahir para peneliti muda yang aktif dalam kegiatan penulisan ilmiah.
  2. UKKPK (Unit Kegiatan Komunikasi dan Penyiaran Kampus): Bidang kegiatan pengembangan keterampilan komunikasi, penyiaran, jurnalistik, kehumasan, dan public speaking. UKM ini memiliki Radio Kampus SIGMA FM di gelombang 106,4 MHz. Radio ini juga telah disiarkan secara streaming di SIGMA FM. Radio ini telah melahirkan banyak penyiar Radio yang berkiprah di Kota Padang dan Sekitarnya. Tenaga MC (master of ceremony), dan wartawan.
  3. MENWA (Resimen Mahasiswa): bidang kegiatan kemiiliteran, dan kedisiplinan.
  4. UK Pramuka: Pengembangan minat mahasiswa dalam bidang kepanduan.
  5. UK-MPALH (Mahasiswa Pencinta Alam dan Lingkungan Hidup): UK yang menyalurkan minat mahasiswa dalam konservasi alam, kepedulian lingkungan, dan petualangan.
  6. UK-KOPMA (Koperasi Mahasiswa): mengembangkan minat mahasiswa dalam kegiatan bisnis dan kewirausahaan.
  7. UKK (Unit Kegiatan Kerohanian): mengembangkan minat mahasiswa dalam bidang dakwah kampus.
  8. UK-KSR (Korps Sukarela) PMI: mengembangan minat mahasiswa yang peduli dengan Palang Merah dan sosial.
  9. UK-KES (Unit Kegiatan Kesenian): mengembangkan minat mahasiswa dalam bidang seni budaya.
  10. UKO (Unit Kegiatan Olah Raga): mengembangkan minat mahasiswa dalam berbagai cabang olahraga.
  11. UK-WP2SOSPOL  (Wadah Pengembangan Pengkajian Sosial Politik): UK yang mengembangkan jiwa kritis mahasiswa dalam bidang sosial politik.
  12. UKFF (Unit Kegiatan Film dan Fotografi): mengembangkan minat dan keterampilan mahasiswa dalam pembuatan film dan fotografi.
  13. Lembaga Pers Mahasiswa Ganto: lembaga mahasiswa yang mengembangkan mahasiswa dalam keterampilan jurnalistik.