UNP Gelar Pembekalan Penyusunan Peta Proses Bisnis Layanan Pendidikan

UNP Gelar Pembekalan Penyusunan Peta Proses Bisnis Layanan Pendidikan
Printer Friendly, PDF & Email
Kategori

Universitas Negeri Padang mencanangkan bakal menerapkan proses bisnis Perguruan Tinggi Negeri (PTN) Badan Layanan Umum (BLU) sesuai Peraturan Menteri Menpan RB Nomor 19 Tahun 2018. Sejumlah pimpinan fakultas, ketua lembaga dan unit pelaksana teknis dan pejabat esolen mengikuti guna menyusun Peta Proses Bisnis UNP, Kamis hingga Jumat (23-24/8). Langkah pertama yang dilakukan Rektor UNP, Prof Ganefri dengan menghadirkan nara sumber dari UNP sendiri yakni Dr Yuliana SP, Msi dan Dr. Muhammad Anwar, S.Pd, MT yang selama ini ditugaskan khusus untuk memahami Permen Menpan RB No 19 Tahun 2018.

Rektor UNP, Prof Ganefri, yang membuka langsung  kegiatan tersebut pada sambutannya mengatakan, dengan peta proses bisnis dapat menggambarkan jalur lintasan menuju bisnis yang telah diprogramkan. Rektor UNP menuturkan, core business UNP adalah layanan pendidikan. Mendapat kesempatan mempresentasikan penyusunan Peta Proses Bisnis UNP, Dr Yuliana di Ruang Sidang Senat Lt4 Gedung Rectorate and Research Center, sangat antusias untuk menginformasikan peta proses Bisnis UNP, dimana mesti terstruktur dan saling terkait untuk menyelesaikan suatu masalah tertentu atau yang menghasilkan produk atau layanan (demi meraih tujuan tertentu).

aaa

Dikatakannya proses bisnis dapat dipecah menjadi beberapa subproses yang masing-masing memiliki attribut sendiri tapi juga berkontribusi untuk mencapai tujuan dari superprosesnya. Analisis proses bisnis umumnya melibatkan pemetaan proses dan subproses di dalamnya hingga tingkatan aktivitas atau kegiatan. Dikatakannya, Peta Proses Bisnis UNP unit organisasi dengan kumpulan aktivitas atau pekerjaan terstruktur yang saling terkait untuk menghasilkan tata kelola yang baik menuju layanan yang optimal. Menurutnya ada dua kegiatan pada proses bisnis UNP, inti dan pendukung dimana pada inti meliputi pendidikan pembelajaran, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat, dan pendukung yang meliputi Biro, Unit, dan Lembaga serta Pusat.

Kegiatan ini berlangsung selama dua hari, diharapkan sebelum tanggal 19 September Peta Proses Bisnis Universitas Negeri Padang sudah selesai. (Humas UNP)