Solok Nan Indah Arosuka Lokasi Peresmian Tri Dharma UNP di Solok Raya

Solok Nan Indah Arosuka Lokasi Peresmian Tri Dharma UNP di Solok Raya
Printer Friendly, PDF & Email
Kategori

Sejumlah kabupaten dan kota telah dibantu Universitas Negeri Padang melalui pelaksanaan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat guna menjalankan tri dharma perguruan tinggi. Kabupaten Solok, Kota Solok dan Kabupaten Solok Selatan pelaksanaan pembukaan kegiatannya dilangsungkan di Ruang Solok Nan Indah Arosuka, Selasa (18/9).

Dihadiri Rektor UNP, Prof Ganefri dan Bupati Solok, Gusmal, Wakil Walikota Solok,  Reinir Dt. Intan Batuah, Sekretaris Daerah H.Yulian Efi, serta para Wakil Rektor dan para dekan selingkungan UNP pembukaan pelaksanaan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat untuk 3 kabupaten dan kota itu diakhiri dengan Penandatanganan MoO antara UNP dengan Pemerintah Kabupaten Solok, Kota Solok dan Kabupaten Solok Selatan.

Rektor UNP, Prof Ganefri dalam sambutannya mengatakan, diharapkan penelitian dan pengabdian yang dilakukan oleh para dosen ini dirasakan manfaatnya oleh masyarakat di tiap-tiap daerah yang dijadikan lokasi penelitian khususnya.

“UNP akan terus berbenah dalam mengembangkan program study yang ada serta mengembangkan peserta didik dalam rangka menyiapkan tenaga-tenaga ahli di bidangnya masing-masing,” kata Ganefri.

Sementara itu Bupati Solok H Gusmal, SE, MM meminta laporan dan koordinasikan setiap hasil penelitian kepada kepala pemerintah daerah masing-masing agar dapat ditindaklanjuti dan manfaatkan kesempatan/penelitian ini dengan maksimal.

“Sebab akan sangat membantu pemerintah dalam mengembangkan potensi daerah yang dimiliki, yaitu bidang pertanian, pariwisata dan kuliner. Diharapkan penelitian dapat dilakukan secara berkala dan berkelanjutan,” kata Gusmal, di Ruang Solok nan Indah, Arosuka, Selasa (18/9).

Sebelumnya Ketua LP2M UNP Prof. Dr. Rusdinal, M.Pd dalam laporannya menjelaskan, kegiatan tersebut merupakan kerjasama yang ke 10, 11 dan 12 antara UNP dengan pemerintah kabupaten/kota di Propinsi Sumbar. ini merupakan hasil seleksi pengajuan proposal terbaik dari dosen di UNP.
ds
“Kabupaten Solok merupakan kabupaten yang menerima alokasi bantuan dana terbesar untuk penelitian dan pengabdian yakni sebesar 434 juta rupiah. Penelitian dan pengabdian ini akan berdampak pada pengembangan dan kemajuan pembangunan suatu daerah di berbagai aspek kehidupan,” jelasnya.

Turut hadir Kepala SKPD di Lingkup Pemerintah Kab. Solok, Kab. Solok Selatan dan Kota Solok. (Humas UNP)