Langkah Maju Program S1 Fisika FMIPA UNP, Program Transfer Kredit Bergulir di UPSI Malaysia

Langkah Maju Program S1 Fisika FMIPA UNP, Program Transfer Kredit Bergulir di UPSI Malaysia
Printer Friendly, PDF & Email
Kategori

Padang -- Menyusuri program yang diagendakan Universitas Negeri Padang (UNP) untuk mewujudkan visi dan misi sebagai salah satu universitas unggul di Asia Tenggara, Program Studi Sarjana (S1) Pendidikan Fisika Jurusan Fisika Fakultas Matemateka dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) ternyata sudah maju selangkah dengan adanya program transfer kredit 3 orang mahasiswa di Universitas Pendidikan Sultan Idris (UPSI) Malaysia.

Sejak penandatanganan Memorandum of Outstanding antara UNP dengan UPSI Malaysia tanggal 6 November 2018 lalu, Ketua Tim Implementasi Program Pertukaran Dosen dan Mahasiswa Kelas Internasional FMIPA UNP Tahun 2019, Dr Ahmad Fauzi, Rabu (26/6) kepada tim Humas UNP menjelaskan, sebagai langkah awal mempersiapkan prodi-prodi di FMIPA UNP untuk meraih Akreditasi Unggul BAN-PT format 9 standar yang menuntut kehadiran mahasiswa dan dosen asing di prodi tersebut Prodi S1 Pendidikan Fisika telah mengawalinya.

Lebih rinci Ahmad Fauzi menerangkan, jumlah mata kuliah yang akan diambil adalah 5 matakuliah dengan bobot sekitar 15 SKS. Perkuliahan dilaksanakan dalam jangka waktu 1 (satu) semester. Jenis mata kuliah yang diambil diprioritaskan pada mata kuliah yang dapat ditansfer ke dalam kurikulum UNP. Sebaliknya, UNP juga akan menerima 3 mahasiswa  UPSI yang akan kuliah di UNP selama 1 semester pada Program Studi Sarjana (S1) Pendidikan Fisika. 

"Alhamdulillah difasilitasi oleh Kantor Urusan Internasional UNP, program ini mulai dilaksanakan pada Semester 1 tahun masuk 2019/2020 untuk Batch 1 dan Semester 2 tahun 2019/2020 untuk Batch 2, " ujar Ahmad Fauzi dikampus fakultas terbaik UNP tahun 2019 ini.

Di kampus FMIPA UNP itu, Ahmad Fauzi juga mengungkapkan bahwa pihaknya merespon dengan misi UNP menuju universitas bereputasi internasional (World Class University). Hal itu dapat terlaksana tentu dengan adanya dukungan internasionalisasi terhadap seluruh sivitas akademika termasuk dosen, mahasiswa dan tenaga kependidikan. 

"Program transfer kredit sebagai salah satu bentuk program pertukaran mahasiswa dirancang untuk memberikan pengetahuan dan pengalaman kepada mahasiswa terkait suasana akademik  dan kehidupan  kampus di universitas mitra. Program transfer kredit ini diharapkan dapat mengembangkan wawasan intemasional bagi mahasiswa untuk meningkatkan kemampuannya menjalin jejaring dengan mitra dalam skala internasional," jelas dosen FMIPA yang berbadan tambun ini. (Humas UNP)