Penerapan Kurikulum 2013 di Tanah Datar, PKM UNP Pimpinan Mirna Aksi Nyata Lewat Workshop

Penerapan Kurikulum 2013 di Tanah Datar, PKM UNP Pimpinan Mirna Aksi Nyata Lewat Workshop
Printer Friendly, PDF & Email
Kategori

Padang -- Dosen Jurusan Matematika Fakultas Matematika Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Padang (FMIPA UNP), Mirna, M.Pd, membantu penerapan kurikukum 2013 yang berbasis pendekatan saintifik dikalangan guru SMP Se-kabupaten Tanah Datar Bantuan penerapan Kurikulum 2013 dilakukan berupa Workshop.

"Alhamdulillah workshop pengembangan media pembelajaran matematika berbasis saintifik dengan memanfaatkan teknologi informasi sebagai Program Kemitraan Masyarakay (PKM)di Tanah Datar telah terlaksana dengan baik. Sebelumnya PKM yang serupa di Sijunjung, Solok dan Bukittinggi," ungkap Mirna, ketua pelaksana PKM dosen Jurusan Matematika UNP, yang berasal dari sebuah desa di Kabupaten Tanah Datar, Kamis (14/11) di Padang.

Workshop juga mengikutsertakan dosen Jurusan Matematika FMIPA UNP lainnya sebagai narasumber, yakni Dr. Armiati, M.Pd, Dra. Jazwinarti, M.Pd dan Khairani, M.Pd, Untuk kelancaran pelaksanaan, juga dilibatkan beberapa orang mahasiswa yang sudah memasuki tahun akhir perkuliahan di Prodi Pendidikan Matematika UNP.
 
Workshop ini terdiri atas beberapa kegiatan, sambungnya, yaitu pemberian motivasi tentang pentingnya media pembelajaran dan pelatihan pembuatan media pembelajaran berbasis saintifik, baik media pembelajaran manipulatif maupun media pembelajaran yang menggunakan teknologi informasi, seperti software GeoGebra. 

"Masing-masing peserta workshop menghasilkan satu paket media pembelajaran matematika berbasis saintifik untuk sebuah topik yang diajarkannya, yang meliputi media manipulatif, LKPD, dan media yang menggunakan software GeoGebra. Selain itu, peserta workshop juga diminta untuk memperagakan penggunaan media yang dihasilkan, mengevaluasi, dan merevisinya sehingga layak diterapkan di kelas," kata Mirna.

Dia menyebutkan, program ini dilakukan secara berkelanjutan dari bulan Juli hingga September 2019 pada setiap Kamis, bertepatan dengan jadwal rutin kegiatan MGMP Matematika SMP Kabupaten Tanah Datar. Kegiatan yang diselenggarakan di Aula SMPN 1 Batusangkar ini terlaksana dengan baik.

"Suksesnya workshop PKM di SMPN 1 Batusangkar tak terlepas dari dukungan Pak Yuhardi, selaku Kepsek untuk saya ucapkan terimakasih," ujar Mirna. 

Menurut Mirna, kegiatan ini dilatarbelakangi oleh perbincangannya dengan koordinator MGMP Matematika, Defison, S.Pd. Dimana faktanya kegiatan MGMP Matematika SMP akhir-akhir ini hanya berupa sharing informasi antar guru tanpa adanya narasumber dari luar yang berkompeten. Oleh karena itu, mereka merasa banyak tertinggal dalam hal penerapan kurikukum 2013 yang berbasis pendekatan saintifik. Mereka sangat mengharapkan adanya narasumber dari UNP untuk membantu mengatasi masalah mereka. 

Sejumlah dukungan mulai dari Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Tanah Datar, dengan hadirnya Kasi Kurikulum Bidang Pembinaan SMP Drs. Yulisman memotivasi para guru peseta untuk lebih meningkatkan kompetensi diri terutama dalam menggunakan teknologi informasi karena tidak dapat disangkal bahwa siswa saat ini lebih menyukai segala sesuatu yang berbau teknologi.

Selama pelaksanaan kegiatan ini sangat berkesan bagi peserta, Erwin S.Pd, peserta  dari UPT SMPN 1 Pariangan mengatakan bahwa dari workshop ini baru mengetahui software GeoGebra dan merasa bahwa media pembelajaran yang menggunakan GeoGebra sangat membantu dalam pembelajaran karena menjadikan materi matematika menjadi lebih konkrit dan adanya animasi dapat menarik perhatian siswa. 

Sementara itu, Witri Hariza, MPd dari UPT SMPN 1 Rambatan merasa sangat senang mengikuti workshop ini karena hasilnya langsung dapat diaplikasikan di kelas.
"Alhamdulillah mendapat ilmu baru mengenal software GeoGebra," ungkap Witri yang diaminkan Elza Marlina, S.Pd yang sama dan berharap kegiatan berkelanjutan di tahun depan. (Agusmardi/Humas UNP)