The Fourth ICM2E 2020: Konferensi Internasional Virtual Pertama di JurusanMatematika UNP
Printer Friendly, PDF & Email
Kategori

Sebagai upaya dalam mencari ide riset-riset terbaru di bidang matematika dan pendidikan matematika selama masa pandemi Covid-19, Jurusan Matematika UNP menyelenggarakan kegiatan The 4th International Conference on Mathematics and Mathematics Education (ICM2E) pada tanggal 5 dan 6 September 2020. Konferensi ini merupakan seminar internasional virtual pertama yang diadakan oleh Jurusan Matematika UNP setelah tiga tahun sebelumnya kegiatan dilaksanakan secara tatap muka langsung. Dr. Elita Zusti Jamaan, MA, ketua panitia ICM2E menyatakan bahwa pelaksanaan acara berjalan lancar dengan semua seksi kepanitiaan menjalankan tugas dengan penuh tanggungjawab. Terkait peserta, Elita menambahkan terjadi lonjakan penambahan peserta di dua hari terakhir sehingga kuota zoom perlu ditingkatkan untuk 500 peserta.

Konferensi ini diikuti oleh 58 presenter dan 80 partisipan dengan tiga pembicara utama (keynote speaker) dari luar negeri dan satu dari Indonesia. Tema yang diangkat tahun ini adalah “Integrating Innovative Research in Mathematics and Mathematics Education to Led Sustainable Development.” Kegiatan dibagi menjadi dua sesi, yaitu plenary session pada tanggal 5 September 2020 dan parallel sessionpada tanggal 6 September 2020.

Pada plenary session ditampilkan empat pembicara utama. Diawali oleh Assoc. Prof. Dr. Mohd Faizal Nizam Lee Abdullah dari Sultan Idris Education University, Malaysia dengan judul makalah “Qualitative Research in Mathematical Communication”i. Selanjutnya Prof. Dr. Ahmad Fauzan, M.Pd., M.Sc. dari Universitas Negeri Padang menyampaikan makalah berjudul “Fostering Research in Ethnomathematics”. Pembicara utama berikutnya yaitu Prof. Dr. Benjamin Rott, dari University of Cologne, Germany dengan judul makalah “Models of Problem Solving Process”. Konferensi hari pertama ini ditutup dengan pembicara terakhir Prof. Dr. Gabriel J, Lord,  dari Radboud University, Netherlands yang menyampaikan makalah berjudul “A Model for the Stochasticallly Forced Vorticity Equation”.

Konferensi ini dibuka oleh Rektor Universitas Negeri Padang yang diwakili Wakil Rektor Bidang Akademik, Dr. Refnaldi, M.Litt. Dalam sambutannya, beliau mennyampaikan harapannya agar ilmu matematika dapat berkontribusi dalam membantu guru, siswa, dan orangtua dalam menanggulangi masalah belajar matematika pada masa pandemi. Sejalan dengan harapan dari pihak universitas, Dekan Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Dr. Yulkifli, M.Si, juga berharap seminar ini dapat berkontribusi bagi kemajuan dan perkembangan ilmu matematika  di zaman revolusi 4.0. meskipun sekarang berada dalam kondisi pandemi covid-19.

Komentar peserta terhadap pelaksanaan kegiatan ini juga sangat positif. Gusti Rada, S. Pd. salah seorang peserta yang berasal dari mahasiswa S2 Universitas Negeri Padang menyatakan bahwa acara berlangsung dengan baik dan suara pembicara terdengar jelas. Sementara, Fatriya Adamura, S.Pd., M.Pd. peserta yang berasal dari Universitas PGRI Madiun mengatakan ketertarikannya mengikuti acara ini dari penelusuran seminar internasional di internet.  Peserta lain, Fithri Hidayati, S.Pd. mengatakan sudah pernah mengikuti ICM2E tahun 2016  dan tertarik untuk mengikuti ICM2E lanjutan karena acaranya menarik.(FMIPA UNP/Humas UNP)