UNP - MGMP Kimia Se-Kota Padang Gencarkan Bimbingan Karya Tulis Siswa
Printer Friendly, PDF & Email
Kategori

Padang -- Jurusan Kimia Universitas Negeri Padang (UNP) bersama Majelis Guru Mata Pelajaran Kimia Se-Kota Padang mendukung peningkatan profesionalisme dengan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Hal ini ditunjukan oleh Jurusan Kimia UNP dengan menggelar workshop. Umar Kalmar Nizar.,Ph.D, Ketua Tim Pengabdian kepada Masyarakat (PKM) menjelaskan bersama dua anggotanya Fauzana Gazali dan Guspatni, melaksanakan workshop yang berjudul “Peningkatkan Professionalisme Guru-Guru Kimia SMK se Kota Padang dalam Melakukan Penelitian Tindakan Kelas, Menulis Artikel dan Membimbing Karya Tulis Ilmiah siswa melalui Workshop Penulisan”. 

"Tujuan dari kegiatan ini adalah melatih guru-guru dalam melakukan PTK untuk kelasnya, guru mampu menuliskan hasil PTK tersebut ke dalam bentuk artikel dan mempublikasikannya ke salah satu jurnal ber ISSN," ujar Umar Kalmar Nizar, Selasa (10/12)

Workshop dilakukan, sambung Umar Kalmar, di dua SMK yaitu SMK 1 dan SMK 5 Padang. Hari pertama difokuskan pada workshop PTK yang dipandu narasumber Syukri. Pada hari kedua dilakukan workshop tentang teknik penulisan artikel oleh Ananda Putra, Ph.D serta teknik penelusuran literatur, submit ke jurnal dan penyusunan refrensi menggunakan Mendeley oleh tim pengabdian dan melibatkan beberapa mahasiswa. Untuk Kegiatan mandiri dilaksanakan sebanyak 3 kali kegiatan Praktek Penelitian Tindakan Kelas pada mata pelajaran kimia di kelas masing-masing dengan waktu dan tempat pelaksanaan disesuaikan dengan para guru yang mengikuti workshop.

Sementara itu Ketua MGMP Kimia SMK se Kota Padang, Yulia Sari mengatakan MGMP Kimia SMK jarang sekali dilirik oleh tim-tim pengabdian kepada masyarakat dalam berbagi perkembangan ilmu pengetahuan. Selain itu, tema yang diusung sesuai dengan kondisi bahwa sebagian guru-guru mengalami kesulitan dalam melakukan PTK dan menghasilkan karya tulis. (Agusmardi/Humas UNP)