Tingkatkan Publikasi Ilmiah Guru melalui Pelatihan

http://fbs.unp.ac.id/8-uncategorised/berita/404-tingkatkan-publikasi-ilmiah-guru-melalui-pelatihan
Kategori

Sebagai wujud pelaksanaan tri dharma Perguruan Tinggi,  tim pengabdian kepada masyarakat Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia dan Daerah FBS UNP mengadakan pelatihan penulisan artikel ilmiah bagi guru-guru SMP Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kota Padang. Kegiatan yang bertajuk “Pelatihan Penulisan Artikel Ilmiah bagi Guru-Guru SMP Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kota Padang” ini merupakan program pengabdian masyarakat skim Ipteks bagi Masyarakat (IbM) yang diketuai oleh Prof. Dr. Hasanuddin WS., M.Hum. dan 2 orang anggota, Dra. Emidar, M.Pd., Zulfadhli, S.S., M.A.

Kegiatan ini dilaksanakan selama dua hari, tanggal 19—20 Agustus 2017 bertempat di aula SMPN 25 Padang dan diikuti oleh 25 orang guru SMP Mata Pelajaran Bahasa Indonesia dari berbagai SMP yang ada di Kota Padang.

Kegiatan ini dimulai dengan acara pembukaan yang dihadiri oleh Ketua dan Tim PKM, Ketua Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) Bahasa Indonesia SMP Kota Padang.

Sesuai dengan metode pelatihan, kegiatan ini dilaksanakan dengan metode ceramah, diskusi, praktik, dan pembimbingan (coaching clinic) dalam menghasilkan karya ilmiah yang layak dan patut untuk dipublikasikan di berbagai jurnal, baik jurnal cetak, maupun jurnal online. Proses pembimbingan (coaching clinic) dalam menghasilkan karya ilmiah tetap berlanjut setelah kegiatan tatap muka dan penyampaian materi.  

Materi pertama yang disajikan kepada peserta “Penggunaan Bahasa Indonesia Ragam Formal dalam karya Tulis Ilmiah”. Materi ini disampaikan oleh Dra. Emidar, M.Pd. Materi ini memberikan bekal pengetahuan dan wawasan kepada peserta tentang penggunanan bahasa formal dalam karya tulis ilmiah.

Materi selanjutnya adalah “Penataan dan Pengembangan Paragraf dalam Karya Tulis Ilmiah”. Materi ini disampaikan oleh Zulfadhli, S.S., M.A. Materi ini memberikan pengetahuan kepada peserta tentang penataan  dan pengembangan paragraf dalam karya ilmiah.

Pada hari kedua, materi pelatihan adalah “Teknik Penulisan Artikel untuk Jurnal Ilmiah”. Materi ini disampaikan oleh bapak Prof. Dr. Hasanuddin WS., M.Hum. Dalam materi ini, para peserta dibekali dengan konsep-konsep dasar artikel untuk jurnal ilmiah. Penyampaian materi diawali dengan konsep dasar tulisan ilmiah, bagimana merekonstruksi laporan penelitian menjadi sebuah artikel ilmiah, dan sistematika artikel untuk jurnal.

Pada sesi ini, seluruh peserta mendapatkan pendampingan dari tim pelaksana PKM dalam penyusunan artikel untuk jurnal ilmiah. Peserta dibimbing mulai hal teknis sampai kepada substansi artikel ilmiah. Peserta dibimbing dalam menyusun judul, identitas penulis, abstrak, kata kunci, merumuskan pendahuluan, meyusun kerangka teori, merumuskan metode, penyajian hasil, menyusun kesimpulan dan penulisan referensi (daftar pustaka).  

Dalam pelatihan ini, peserta juga diberikan tips untuk menembus jurnal ilmiah, baik cetak, maupun online, nasional, nasional terakreditasi, dan jurnal internasional. Tim pelaksana memberikan arahan-arahan bagaimana supaya artikel dapat lolos untuk diterbitkan pada jurnal tertentu. Jurnal-jurnal yang akan dituju oleh peserta juga disampaikan kepada peserta.

Proses pembimbingan penulisan artikel berlanjut dengan coaching cilionic. Peserta dapat konsultasi dengan tim pelaksan PkM dalam menulis artikel.

Defril, salah seorang peserta, mengungkapkan bahwa kegiatan ini sangat bermanfaat dan dapat membantu guru dalam menulis untuk publikasi jurnal. “Kami merasa sangat terbantu dengan kegiatan ini, ada pelatihan seperti ini, terutama bagi guru-guru yang mengurus kepangkatannnya yang salah satu syaratnya adalah publikasi jurnal” ujar Defril. zf

fdsf

Sumber : http://fbs.unp.ac.id/8-uncategorised/berita/404-tingkatkan-publikasi-il…