Pelatihan Pekerti Angkatn IV LP3M UNP untuk Picu Profesionalitas Dosen

Pelatihan Pekerti Angkatn IV LP3M UNP untuk Picu Profesionalitas Dosen
Kategori

Padang -- Sinergi antara universitas, fakultas dan dosen dinilai akan mendorong penyebarluasan ilmu pengetahuan–teknologi, dan seni melalui pendidikan, penelitian, dan pengabdian pada masyarakat. Dengan demikian sewajarnyalah profesionalitas dosen disyaratkan.

Hal itu inti dari sambutan Rektor UNP, Prof Ganefri saat pembukaan kegiatan Pelatihan Pengembangan Keterampilan Dasar Teknik Instruksional (Pekerti) di Lembaga Pengembangan Pembelajaran dan Penjamin Mutu (LP3M) UNP, Selasa (5/12).

Pada kesempatan itu, Rektor UNP juga megungkapkan dalam menjalankan dan menyelesaikan tugas-tugas dan aktivitasnya sebagai dosen, dosen mesti dapat menghadapi arus globalisasi dengan efektif dan tanpa ‘ketidakberdayaan’.
Pada program pelatihan Pekerti Angkatan IV ini, sebanyak 25 Dosen baik dari dalam maupun luar UNP mengikuti kegiatan Pelatihan Pengembangan Keterampilan Dasar Teknik Instruksional (Pekerti) di LP3M UNP.

Bertempat di Ruang Sidang Rektorat Bagonjong, Selasa (5/12) kemarin, Pekerti Angkatan IV dibuka oleh Rektor UNP, Prof Ganefri, PhD.

Dalam sambutanya, Rektor UNP juga mengatakan kegiatan Pekerti ini sangat penting untuk menunjang kemampuan dosen dalam mengajar, sehingga menjadikan output atau pengajar yang lebih berkualitas.

"Kita harapkan usai pelatihan Pekerti ini peserta dapat lebih memahami dasar-dasar Proses Belajar Mengajar (PBM) dan mengelolanya secara dinamis," ujar Prof Ganefri, PhD.

Ia menambahkan, melaluui pelatihan yang akan berakhir Rabu, 13 Desember mendatang peserta bisa mengajar dengan mengembangkan serta mengapresiasikan berbagai teori dan prinsip dasar teknik instruksional yang diperlukan.

"Sehingga bisa mengajar di perguruan tinggi dengan lebih efektif efisien, terstruktur berdasarkan sistem dan menggunakan kaidah yang benar," harapnya.

Sementara itu Ketua Panpel, Prof Dr, H Nizwardi Jalinus, M, Ed, menjelaskan, para peserta yang mengikuti pelatihan ini merupakan Dosen UNP dan diluar lingkungan UNP.

Selama pelatihan PEKERTI, peserta diampu oleh pemateri yang telah mempunyai pengalaman lapangan sebagai administrator bidang kependidikan dan telah mendapatkan sertifikat dari DIKTI serta Kemendikbud, untuk memberikan materi maupun pelatihan.

Adapun materi pelatihan Pekerti itu, diantaranya, Model Pembelajaran Inovativ oleh Dr, Darmasyah, ST, M.Pd, Penyusunan Bahan Ajar dan Prof Dr. Hj Ellizar, M.Pd (Humas UNP)

dfs