Besok Chairul Tanjung Tampil di UNP

Besok Chairul Tanjung Tampil di UNP
Kategori

Tokoh bisnis Indonesia, Prof. Dr. (HC) Chairul Tanjung dijadwalkan memberikan kuliah umum bertajuk "Menciptakan Enterpreneur Unggul" Kamis (18/5) besok, bertempat di Gedung Olahraga UNP, pukul 16. 00 WIB.  "UNP di masa mendatang akan berupaya memerankan dirinya sebagai agent of economic development di samping agent of education dan agent of research and development. Untuk itu, kita menghadirkan Chairul Tanjung yang akrab disapa CT itu ke UNP, Kamis besok," ujar Rektor UNP, Ganefri,  di sela-sela peninjaun lokasi SPBMPTN, Selasa (16/5) kemarin.

a

Mantan Ketua Kopertis Wilayah X–Sumatera Barat, Riau, Jambi, Kepulauan Riau ini mengungkapkan, di tahun-tahun mendatang peran UNP sebagai agent of economic development penting karena merupakan rumah dari pakar dalam berbagai bidang ilmu dan sesuai yang diharapkan, terlibat aktif di dalam proses pembangunan nasional saat ini dan
masa mendatang.

Melalui kegiatan Kuliah Umum dengan putra asli minang ini diharapkan para mahasiswa UNP dapat menyebarkan perspektif enterpreneur dalam kapasitasnya ketika berprofesi nantinya, karena materi yang akan dipaparkan CT sangat bermakna bagi para calon enterpeneur, yaitu tentang bagaimana menyesuaikan paradigma menjalankan bisnis di era
digital, serta hal-hal strategis yang perlu dilakukan menyiasati tantangan dunia yang semakin informatif dan melihatnya sebagai opportunity (kesempatan emas).

Lebih jauh, kuliah umum CT diharapkan memberi penekanan dalam hal menumbuhkan kreativitas dan inovasi dalam diri para calon sarjana di masa depan, sehingga tidak lagi bergantung pada profesi pegawai negeri, melainkan menjadi pembuka lapangan kerja. Selanjutnya, audiens nanti juga berkesempatan mendengarkan secara langsung tentang suka duka CT merintis karis sebagai profesional di bidang bisnis.

Menopang kisi-kisi materi CT tersebut, Rektor UNP, turut berkomentar, bahwa entrepreneur sangat menentukan kemajuan suatu bangsa, hal itu telah dibuktikan oleh beberapa negara maju seperti Amerika, Jepang, termasuk negera tetangga Singapura dan Malaysia.  “Di Amerika sampai saat ini sudah lebih dari 12 persen penduduknya menjadi entrepreneur, ini menjadi tulang punggung kemajuan ekonomi negara bersangkutan,” imbuhnya. Itulah yang menjadi landasan bagi UNP menghadirkan CT, sebagai universitas yang berakreditasi A. “Diharapkan dengan kuliah umum ini mampu mempertebal semangat dan jiwa entrepreneurship di kalangan sivitas akademika dan menstimulus UNP sebagai PTN terkemuka di Asia Tenggara, sesuai visi dan misi,” tutup Ganefri. (Humas)