Sebanyak 121 Mahasiswa UNP Menerima Bantuan Pendidikan dari Baznas Prov. Sumbar.

Sebanyak 121 Mahasiswa UNP Menerima Bantuan Pendidikan dari Baznas Prov. Sumbar.
Printer Friendly, PDF & Email

Perhatian dan dukungan masyarakat yang mampu kepada mahasiswa yang kurang beruntung dari segi finansial tetapi mempunyai prestasi perlu dipacu untuk memperbaiki kualitas lulusan perguruan tinggi. Peningkatan mutu pendidikan melalui bantuan pendidikan Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Provinsi Sumatera Barat diserahkan di Ruang Serba Guna Fakultas Teknik Universitas Negeri Padang (FT UNP), Rabu (24/10).

Disisi lain jumlah mahasiswa yang berhasil mendapatkan beasiswa Bidikmisi tahun ini berkurang. Untuk itu UNP terus bekerja keras mencari berbagai beasiswa guna meningkatkan sumber daya manusia di UNP. Hal itu mengemuka dalam sambutan Ketua Baznas Sumbar, Prof Dr Syamsul Bahri Khatib dan Rektor UNP yang diwakili WR3, Prof Ardipal sesaat penyerahan bantuan biaya pendidikan kepada 121 mahasiswa dari Baznas Sumbar Periode ke-3.

aa

WR3 UNP, Prof Ardipal mengajak mahasiswa untuk memanfaatkan Baznas tersebut untuk hal-hal yang mendukung kebutuhan yang mendasar, sehingga jumlah beasiswa yang bernilai Rp2 juta lebih bermanfaat. “Sekarang UNP gencar memfasilitasi mahasiswa guna meningkatkan kualitas dalam belajar, kalau boleh hindari pemanfaatannya untuk beli HP” kata Prof. Ardipal.

Sementara itu Kepala Baznas Sumbar Syamsul Bahri Khatib berharap zakat yang terkumpul di UNP mudah-mudahan semakin banyak karena zakat merupakan suatu kewajiban, hukumnya sama dengan sholat. Ia juga menasehati para penerima beasiswa yang berasal dari 8 fakultas ini tidak boleh malu.

Pada kesempatan itu, Kepala Unit Pengelola Zakat UNP, Prof Dr Lufri, MS mengatakan kebijakan Rektor UNP memungut remunerasi setiap dosen dan Tenaga Kependidikan senilai 50 Ribu perbulan cukup memudahkan UPZ UNP dalam menghimpun dana zakat, yang selanjutnya UPZ UNP menyerahkannya kepada Baznas Sumbar. (Humas UNP)