Dosen

Karya Ifdil Untuk Teknik Cahaya dan Alat Perseptual Diapresiasi Medali Emas dan Perak di Brunei Darussalam

Printer Friendly, PDF & Email

Padang -- Ifdil, Ph.D Kons, Dosen Bimbingan Konseling Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Padang menciptakan Teknik Cahaya Perseptual yang memberikan solusi cepat mengurangi trauma, phobia, masalah psikologis dan alat teknik cahaya ringan.

Teknik Cahaya Perseptual yang diberi nama IFDIL Perceptual Light Technique (IPLT) ini dipresentasikan pada Educational Technology and Counseling Psychotherapy Innovation International Symposium, yang berlangsung di Brunei Darussalam, 6-10 September 2019 lalu.

Tiga Dosen FMIPA UNP Raih Beasiswa S3

Printer Friendly, PDF & Email

Padang -- Keberhasilan tiga (3) dosen Fakultas Matematika Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Padang (FMIPA UNP) meraih beasiswa luar dan dalam negeri dinilai akan menambah bekal fakultas di era globalisasi. Namun, disisi lain keberadaan tiga dosen itu akan dijadikan media investasi di mana akan ada return optimal di masa depan.

FBS UNP Targetkan Raih Dana Penelitian Kemenristekdikti 2020

Printer Friendly, PDF & Email

Padang -- Sivitas akademika Fakultas Bahasa dan Seni (FBS) Universitas Negeri Padang, khususnya kalangan dosen mengikuti kegiatan sosialisasi dan bedah proposal penelitian dan pengabdian kepada masyarakat yang dilaksanakan oleh LP2M UNP pada hari Senin (12/8) di Kampus Selatan, Air Tawar Padang.

Tiga Jurnal FBS UNP Peroleh Hibah Tahun 2019

Printer Friendly, PDF & Email

Tiga jurnal ilmiah di Fakultas Bahasa dan Seni UNP memperoleh hibah pengembangan pada tahun 2019 dari Universitas Negeri Padang. Ketiga jurnal tersebut adalah Jurnal Humanus yang diterbitkan oleh Pusat Kajian Humaniora; Jurnal Komposisi yang diterbitkan oleh Fakultas Bahasa dan Seni; Jurnal Lingua Didaktika yang diterbitkannya Jurusan Bahasa dan Sastra Inggris. 

Demikian disampaikan oleh Dekan Fakultas Bahasa dan Seni UNP, Prof.  Dr. Ermanto, S.Pd., M.Hum. hari ini (6/8) di Kampus Selatan Air Tawar Padang. 

DOSEN UNP BANTU PETANI KARET DI NAGARI LUBUAK GADANG PASAMAN: “Kami Tetap Panen Meskipun Hujan Tiba”

Printer Friendly, PDF & Email

Pasaman -- Solusi yang konprehensif dibutuhkan untuk mengatasi masalah kehidupan ekonomi petani karet, setidaknya di Kabupaten Pasaman, yang antara lain disebabkan oleh faktor musim dapat mempengaruhi produksi getah karet yang dihasilkan oleh tanaman karet.  Pada saat musim panas, produksi karet yang dapat dihasilkan akan lebih banyak serta getah yang dihasilkan pun mempunyai kualitas yang lebih baik. Namun hal yang sebaliknya terjadi pada saat musim hujan.

Dosen UNP Latih Pembelajaran Inovatif Pada Guru IPS Di Pasaman

Printer Friendly, PDF & Email

Padang -- Guru-guru Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) Sekolah Menengah Pertama di Gugus Tuangko Rao Pasaman memiliki kesempatan menerapkan model pembelajaran IPS Berbasis Project Based Learning (PjBL). Tak ingin para siswa SMP berkurang minatnya, para guru mengubah metode pembelajaran yang monoton menjadi inovativ. Pelatihan dan lokakarya pembelajaran IPS Berbasis Project Based Learning (PjBL) yang diikuti oleh 30 orang guru IPS SMP anggota MGMP berlangsung di gugus Tuangku Rao Pasaman di Ruang Pertemuan SMPN 1 Rao Selatan dari Jumat hingga Minggu (2-4/8/2019).

Tri Dharma UNP, 46 Dosen Meneliti dan Mengabdi di Luak Limapuluah

Printer Friendly, PDF & Email

Padang -- Empat puluh enam 46 orang dosen Universitas Negeri Padang (UNP) akan melaksanakan pengabdian dan penelitian di Luhak Limopuluah. 30 orang melakukan  pengabdian dan 3 penelitian di Kabupaten Limapuluh Kota dan 10 pengabdian dan 3 penelitian di Kota Payakumbuh. Pembukaan Pelaksanaan Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat dari UNP yang diusung LP2M UNP tahun 2019 ini di pusatkan di kota “randang” Payakumbuh.Kedatangan unsur pimpinan UNP bersama rombongannya disambut Wakil Walikota Erwin Yunaz, SE, MM, bersama Staf Ahli Dra.

Guru Besar FBS UNP, Terbitkan Novel Berbahasa Minangkabau

Printer Friendly, PDF & Email

Padang -- Salah seorang Guru Besar FBS Universitas Negeri Padang, Prof. Dr. Ermanto, S.Pd.,M.Hum. dengan nama pena Ermanto Tolantang terbitkan novel berbahasa Minangkabau. Novel yang ketiga dihasilkan oleh Wakil Dekan I FBS ini berjudul "Rindu Banda Sapuluah" dan diterbitkan oleh Penerbit Pustaka Tunggal Jakarta pada bulan Juli 2019. Novel ini menyusul novel pertama yang berjudul "Tujuh Cinta Si Anak Kampung" terbit tahun 2014 dan novel kedua berjudul "Sansai" terbit tahun 2018.

33 CPNS Dosen UNP Terima SK, Rektor Prof. Ganefri Berharap Tingkatkan Kemampuan Bahasa Asing

Printer Friendly, PDF & Email

Padang -- Rektor Universitas Negeri Padang (UNP), Prof. Ganefri menyerahkan Surat Keputusan (SK) kepada Calon Pegawai Negeri Sipil Formasi Tahun 2018 yang dinyatakan lulus mengikuti tahapan seleksi. 

Jumlah CPNS Formasi Dosen 2018 yang menerima SK itu sebanyak 33 orang dengan rincian: dosen FBS 13 orang, dosen FIK 5 orang, dosen FIP dan FT masing-masing 3 orang, dosen FIS dan FMIPA masing-masing 4 orang, dan dosen FPP 1 orang.