Wakil Rektor III Universitas Negeri Padang Apresiasi Prestasi Mahasiswa Taekwondo

Wakil Rektor III Universitas Negeri Padang Apresiasi Prestasi Mahasiswa Taekwondoin
Printer Friendly, PDF & Email
Kategori

Pimpinan Universitas Negeri Padang menyampaikan apresiasi kepada mahasiswa yang mencatatkan prestasi pada Kejuaraan Taekwondo antar Mahasiswa dan Open Tournament se Sumatera Barat, Jumat-Sabtu, 12-13 Mei lalu di Gedung Auditorium Kampus Unand Limau Manis Padang.

"Mahasiswa UNP seperti Nanda Fajar Chakti yang menjadi atlet taekwondo membuktikan dirinya mampu meraih sebagai atlet terbaik," kata Wakil Rektor III UNP, Prof Ardipal dalam sambutannya saat menerima kunjungan Tim Taekwondo UNP di ruang kerjanya, Selasa (23/5) kemarin, di Kampus Air Tawar, Padang.

Prof. Ardipal mengatakan, saat jadi mahasiswa ini seorang atlet akan mengikuti banyak kompetisi. Untuk itu, tiada hari tanpa latihan. Menurut Pak Syahrial Bakhtiar (Mantan Ketum KONI Sumbar--red) dikutip Ardipal, saat mahasiswa ini seorang atlet mesti mengikuti kompetisi sepanjang tahun dengan kisaran 20 – 30 turnamen serta komitmen tambahan untuk mengikuti pertandingan Nasional, dan kejuaraan lainnya. Atlet elit bisa mengikuti hingga 40 minggu pertandingan dalam setahun, sehingga rasio kompetisi 70 hingga 80% dan 20 hingga 30 % untuk latihan yang difokuskan untuk persiapan menghadapi turnamen.

Nanda Fajar Chakti yang merupakan juara 1 under 65 kg dengan mendapat kehormatan gelar atlet terbaik adalah mahasiswa yang memahami peran kampus dalam menunjang kesuksesan karirnya. Menurut Ardipal, Nanda Fajar Chakti memahami peran yang dimainkan FIK UNP baik dalam pengajaran formal maupun dorongan yang diberikan kepada dirinya untuk mengejar setiap prestasi di kesempatan yang ada.
Taekwondo di UNP berkembang pesat. Unit Beladiri Taekwondo UNP sekarang mestinya sudah masuk mata kuliah pilihan seperti karate.

Prof. Ardipal mengatakan kesuksesan tim Taekwondo UNP sebagai juara umum menunjukkan bahwa Mahasiswa UNP dapat memanfaatkan fasilitas yang ada di kampus untuk berlatih. "Dengan adanya Fakultas Ilmu Keolahragaan (FIK), mahasiswa yang belajar di UNP mempunyai kesempatan untuk mengembangkan bakatnya," katanya.

Di Kejuaraan Taekwondo antar mahasiswa dan Open Tournament se Sumatera Barat yang digelar UKM Pandekar Unand itu, terdapat 14 mahasiswa yang berprestasi. Mereka yang keluar sebagai juara satu selain Nanda Fajar Chakti yang lainnya adalah Fadhil (under 54 Kg), Pribadita Firdaus (under 62 kg) dan Silva Wahyuni (over 73 kg).