UNP RAIH MEDALI DI AJANG PIMNAS 32

UNP RAIH MEDALI DI AJANG PIMNAS 32
Printer Friendly, PDF & Email
Kategori

Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (PIMNAS) merupakan ajang keilmiahan tahunan bergengsi yang diselenggarakan oleh Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi. Kompetisi tahunan ini merupakan puncak dari proses panjang yang dimulai dari pengusulan proposal Program Kreatifitas Mahasiswa (PKM), pelaksanaan program, monitoring evaluasi, dan PIMNAS. Universitas Udayana, Bali sukses menjadi tuan rumah PIMNAS yang dilaksanakan dari tanggal 27 Agustus sampai 31 Agustus 2019 lalu. UNP berhasil meloloskan lima tim PKM dalam ajang PIMNAS tersebut. Lima tim tersebut adalah PKM-Kewirausahaan yang diketuai oleh Febri Yuliani dengan judul “LITAO KOBAL (Kulit Kakao Kopi Herbal) Inovasi Minuman Antioksidan Praktis dan Ekonomis”, PKM-Kewirausahaan yang diketuai oleh Femil Anggia Putra dengan judul “Karya Muda Furniture Usaha Jasa dan Perdagangan Furniture Pelengkap Kebutuhan Semua Kalangan”. Di samping PKM-K yang lolos ke PIMNAS 32 adalah PKM Karsa Cipta yang diketuai oleh Annisa dengan judul “TOMAT BIKE (Automatic Bike) untuk stimulasi pada gangguan sistem gerak”, dan PKM Karsa Cipta yang diketuai oleh Gheri Febri Ananda dengan judul “TROSAMA (Troli Sayang Mama) Berbasis Image Processing”. Formasi UNP diperkuat dengan lolosnya PKM Teknologi yang diketuai oleh Hazmi Sidiq dengan judul “ANGKRINGAN : Aplikasi mesin penggiling kacang kedelai ramah lingkungan berbasis electrical control dan microcontroller”.

Lima Tim dari UNP yang berkesempatan mempresentasikan karya mereka di Kompetisi PIMNAS ke-32 tersebut dua di antaranya berhasil memperoleh juara. Pertama, PKM kewirausahaan yang diketuai oleh Febri Yuliani ( Pendidikan Kimia 2016) dengan anggota Annisa Yulindra (Pendidikan Guru Sekolah Dasar 2016), Zilzia Ulmi Davega (Pendidikan Kimia 2017), dan Ernarisa Fitri (Pendidikan Kimia 2017) berhasil memperoleh medali perunggu yang setara dengan juara ketiga dalam bidang Poster. 

PKM  Karsa Cipta yang diketuai oleh Annisa berhasil memperoleh Juara Favorit. Di samping kompetisi PKM ada juga kompetisi Non-PKM sebagai kegiatan penyemarak dari PIMNAS. Kompetisi Non-PKM tersebut di antaranya adalah lomba esai nasional, lomba ide bisnis, dan lomba fotografi. Dalam ajang non-PKM tersebut satu tim dari UNP berhasil menjadi finalis dalam cabang ide bisnis dan satu orang di cabang fotografi. Tim ide bisnis tersebut di ketuai oleh Dela Khoiriyah (Manajemen 2016) dengan anggota Jihan Rizky Fadhilah (Ilmu administrasi negara 2017). Nurul Annisa (Manajemen 2016) menjadi finalis dalam cabang fotografi.  PIMNAS ke-32 di Bali diikuti oleh 1614 peserta yang berasal dari 70 perguruan tinggi negeri dan 56 perguruan tinggi swasta. Kegiatan yang berlangsung selama empat hari tersebut ditutup dengan pengumuman juara umum PIMNAS ke-32 yang dipertahankan oleh Universitas Gajah Mada. (Fahmi/Mahasiswa UNP)