Randi Proska Sandra, Mahasiswa Inspiratif dengan Prestasi Gemilang

Randi Proska Sandra, Mahasiswa Inspiratif dengan Prestasi Gemilang
Kategori

Randi Proska Sandra adalah salah satu mahasiswa Program Studi Pendidikan Teknik Informatika dan Komputer, Fakultas Teknik Universitas Negeri Padang (UNP). Randi merupakan putra pasangan Ayah Abusanardan Ibu Rosnizar yang lahir pada tanggal 9 Januari 1994 di Sungai Penuh, Jambi dan terdaftar sebagai mahasiswa angkatan 2012 lewat Jalur Reguler Prestasi. Lahir dari keluarga sederhana dengan orangtua sebagai petani di kebun, menyalakan semangat Randi untuk berprestasi dan menjadi orang yang dapat membanggakan kedua orangtuanya dimanapun. Hal ini dibuktikannya dengan berbagai prestasi gemilang yang diraihnya mulai dari tingkat Universitas, Provinsi, Nasional hingga Internasional.
Sejak awal memasuki bangku kuliah, Randi aktif berorganisasi dan berprestasi, meski demikian nilai akademiknya tetap tinggi. Tekadnya untuk berkembang dan mewujudkan mimpi-mimpinya sejalan dengan semangat gigih yang dimilikinya. Awal kuliah, Randi tergabung kedalam beberapa organisasi, salah satunya POSS (Pusat Pendayagunaan Open Source Software) / poss.unp.ac.id pada tahun 2012 dibawah PUSKOM UNP sebagai salah satu sarana pengembangan perangkat lunak sumber terbuka di Universitas Negeri Padang. Hal ini yang mengenalkannya dengan Representative dari Mozilla (Sebuah Perusahaan yang terkenal dengan peramban Mozilla Firefox dan berkantor pusat di California, USA)  hingga akhirnya Randi menjadi bagian dari Firefox Student Ambassador. Hal ini membuat Randi aktif di berbagai kegiatan intra dan ekstra kampus. Ia juga pernah mengikuti Microsoft Youth Spark Pada tahun 2015, sebuah program pelatihan technopreneurship dari Microsoft.
Beberapa organisasi, kegiatan dan prestasi Randi diantaranya di bidang disiplin ilmu IT, keilmiahan, keagamaan, wirausaha, lingkungan dan pengembangan kepemudaan. Selain POSS, Randi juga merupakan anggota dari Pusat Pengembangan Ilmiah dan Penelitian Mahasiswa (PPIPM) UNP, Badan Eksekutif Mahasiswa UNP 2013/2014 dan Dewan Pertimbangan Organisasi Ikatan Mahasiswa Kerinci Sungai Penuh (IMKS) UNP 2015/2016.

“Saya ingin menginspirasi banyak orang. Bagi Saya, Prestasi terbesar bukanlah menjuarai kompetisi, berpidato di forum resmi, menerima trofi, medali atau lembaran sertifikasi. Prestasi terbesar adalah menginspirasi”. Demikian semangat Randi ingin menularkan lebih banyak inspirasi kepada banyak orang.

Salah satu cara untuk mewujudkannya, Randi yang terpilih sebagai Mahasiswa Berprestasi (MAWAPRES) Peringkat 2 Universitas Negeri Padang 2015 menginisiasi Mawapres Academy (MAUNP) bersama Mawapres UNP lainnya pada tahun 2016. Disini Randi memberikan pelatihan dan inkubasi selama 12 pertemuan bagi mahasiswa baru Universitas Negeri Padang untuk menjadi mahasiswa aktif dan prestatif di berbagai bidang selama dikampus baik dari tingkat regional, nasional maupun internasional. Hasilnya, semakin banyak mahasiswa baru UNP yang mengikuti MAUNP meraih berbagai prestasi.
November 2016 kemarin, Randi terpilih sebagai Speaker di SimposiumKeilmiahan Indonesia-Jepang untuk mempresentasikan hasil risetnya. Simposium ini dihadiri Oleh Ilmuwan, Profesor, Petinggi Kampus, Professional, Mahasiswa dan Pebisnis dari kedua negara dan beberapa negara lainnya dimana hanya Randi dan satu mahasiswa UNP lainnya yang merupakan mahasiswa Sarjana. Hal ini menjadi pengalaman paling berharga bagi Randi karena merupakan impiannya sejak lama ingin pergi ke Negeri Sakura / Jepang. Sebelumnya, Randi juga membanggakan UNP di tingkat Internasional di ASEAN Youth Initiatives 2016 di Universiti Teknologi Malaysia (UTM). Dalam kegiatan ini, bersama delegasi lainnya merumuskan ASEAN Youth Initiative Recommendation untuk direkomendasikan ke Para Pimpinan ASEAN yang merupakan hasil diskusi dan rekomendasi solusi atas isu-isu populer di ASEAN.
Mimpi dan Kesuksesan membutuhkan pengorbanan, setiap kerja keras pasti akan dibalas dengan cara yang indah oleh Allah SWT.

“Man Shabara Zafira, Siapa yang bersabar akan beruntung. Pantang menyerah untuk mimpi-mimpi besar. Kekuatan kemenangan adalah milik mereka yang fokus, bertahan dengan impian besar dan penyerang tangguh terhadap kemalasan”. Ucap Randi

Randi pun mengakui, semua prestasi yang didapatkanya tidaklah mudah. Ia harus aktif mencari informasi dan berulang kali gagal, namun tidak gampang menyerah. Sebelum ke Jepang, Randi pernah mendaftar kompetisi untuk ke Jepang sebanyak 9 Kali. Begitupun di Kompetisi lainnya, Randi pernah mendaftar beberapa kali Lomba Karya Tulis Ilmiah Nasional hingga akhirnya menjadi finalis. Mendaftar banyak beasiswa, hingga akhirnya diterima.

”Jatuh dan bangun adalah keharusan. Karena mereka yang tidak pernah jatuh tidak akan tahu bagaimana cara bangun yang baik” Tambah Randi.

Randi berharap mahasiswa UNP sama-sama berkontribusi untuk semakin memajukan UNP.Semangat menginspirasi dan berkolaborasi satu sama lain di jalan kebaikan harus sama-sama kita miliki.Selain itu, kita juga harus sama-sama think globally, act locallyuntuk menjadiWord Class Universitysesuai dengan visi UNP.Memiliki perspektif global memungkinkan kita belajar dari orang-orang di seluruh dunia. Tapi mempersempitnya ke lokal sangat penting dalam membuat kita semakin tumbuh.
Organisasi :
1.    Anggota International Association of Engineers semenjak 2016
2.    Anggota Pusat Pengembangan Ilmiah dan Penelitian Mahasiswa Universitas Negeri Padang (PPIPM UNP)
3.    Supporting Team Ikatan Ilmuwan Indonesia Internasional (I4) semenjak 2016
4.    Badan Eksekutif Mahasiswa UNP 2013/2014
5.    Anggota Pusat Pendayagunaan Open Source Software UNP (POSS UNP)
6.    Koordinator Media Forum Indonesia Muda Regional Sumatera Barat 2016/2017
7.    Dewan Pertimbangan Organisasi Ikatan Mahasiswa Kerinci dan Sungai Penuh UNP 2015/2016
8.    Salah Satu Pendiri dan Mentor MAWAPRES Academy Universitas Negeri Padang
9.    Member Firefox Student Ambassador

Prestasi :
1.    Oral Speaker 7th Indonesia-Japan Joint Scientific Symposium 2016 di Chiba University, Jepang
2.    Official Delegation ASEAN Youth Initiatives 2016 di Universiti Teknologi Malaysia (UTM), Kuala Lumpur
3.    Mahasiswa Berprestasi Utama Fakultas Teknik dan Mahasiswa Berprestasi Peringkat 2 Universitas Negeri Padang 2015
4.    Juara II Lomba Penelitian Tingkat Nasional YORECO (Young Researcher Competition) 2016 di Universitas Negeri Padang
5.    Juara 1 Lomba Karya Tulis Ilmiah Tingkat Provinsi Sumatera Barat Bunkasai III 2016 di FBS, UNP
6.    Official Delegation International Forum on Suistanable Future in ASIA 2017 di Universitas Udayana, Bali
7.    Character Builidng & Leadership Lifeskill Training Forum Indonesia Muda 16 tahun 2014 di Cibubur, Jakarta
8.    Kafilah Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) Mahasiswa Nasional Ke-XIV Tahun 2015 Bidang Desain Aplikasi Komputer Alquran di Universitas Indonesia
9.    Microsoft Youth Spark 2014 di Microsoft Indonesia, Jakarta
10.    10 Tim Mahasiswa Wirausaha Terbaik Indonesia Youngpreneur Summit 2015 di Institut Teknologi Sepuluh Nopember, Surabaya
11.    Penerima Beasiswa VDMS dari Van Deventer-Maas Stiching Foundation yang berpusat di Belanda
12.    Beasiswa Peningkatan Prestasi Akademik (PPA) dari Kemenristek Dikti
13.    Beasiswa Pemerintah Provinsi Jambi
14.    Penerima Dana Program Kreativitas Mahasiswa Bidang Pengabdian Masyarakat (PKM-M) 2015 dari Kemenristek Dikti
15.    Penerima Dana Program Mahasiswa Wirausaha (PMW) dari Kemenristek Dikti 2016
16.    250 Ide Terbaik APAIDEMU Pertamina 2014
17.    Nominasi Aktivis Berprestasi BEM UNP Awards 2015