LDK PLB FIP UNP Membuat Generasi Milenial Belajar Kepemimpinan

LDK PLB FIP UNP Membuat Generasi Milenial Belajar Kepemimpinan
Printer Friendly, PDF & Email
Kategori

Padang -- Meski Jurusan Pendidikan Luar Biasa Fakultas Ilmu Pendidikan (PLB FIP) berada di Kampus IV UNP, Jln Limau Manis, Kelurahan Jawa Gadut, Kecamatan Pauh, Padang, kiprah melahirkan pemimpin-pemimpin muda masa depan terus digulirkan, Jumat hingga Minggu (5-7/4/2019).

Bertempat di Aula PLB FIP UNP sekitar 200-an mahasiswa menyatukan persepsi tentang urgensi peran pemuda nantinya saat adanya peralihan kepemimpinan sebagai solusi atas kebutuhan  dan tuntutan bangsa dan negara ke depannya, dengan Latihan Dasar Kepemimpinan (LDK) yang bertemakan Generasi Mileneal untuk menjadi Pemimpin Unggul yang Bersinergi "GAME PUBG".

Ketua Jurusan PLB FIP UNP, Dr Marlina mengatakan mahasiswa jurusan PLB harus secepatnya mempersiapkan diri sebagai calon-calon pemimpin masa depan, karena setiap masa yang dinamis pasti selalu ada regenerasi dari generasi tua ke generasi muda. 

"Tak sampai di situ, para mahasiswa sebagai calon pemimpin masa depan  harus sadar akan peran mereka yang sangat besar dalam proses pembangunan bangsa dan negara, apalagi menyiapkan pendidikan bagi penyandang cacat," ujar Marlina dalam sambutannya yang sekaligus membuka secara resmi LDK PLB UNP 2019, Jumat (5/4).

Sementara itu, Lian Kopi Anan, Ketua Pelaksana LDK PLB UNP 2019 melaporkan bahwa proses pembentukan mental dan karakteristik pemimpin dari Himpunan Mahasiswa Jurusan PLB UNP berbeda dengan jurusan lainnya, perbedaan itu karena adanya perbedaan daerah asal dan lingkungan masing-masing. 

"Melalui LDK PLB UNP 2019, para peserta belajar membentuk jiwa kepemimpinannya. Mahasiswa PLB UNP tidak hanya memiliki kemampuan akademik saja. Namun, mahasiswa PLB UNP harus mampu dan dapat memiliki pengetahuan keorganisasian dan pemahaman kepemimpinan sebagai dasar mereka dalam memimpin nantinya," ujarnya.

Meski kampus IV UNP jauh dari pusat kota, pembukaan LDK tahun 2019 sangat antusias diikuti peserta. Turut hadir pembimbing HMJ PLB, Johandri Taufan, ketua HMJ PLB FIP UNP, Maifil Anggi Saputra dan para pemateri serta pengurus BEM FIP UNP. (Humas UNP)