KSR PMI UNP Gelar Diklatsar untuk Rekrutmen Anggota Baru

KSR PMI UNP Gelar Diklatsar untuk Rekrutmen Anggota Baru
Printer Friendly, PDF & Email
Kategori

Padang --- Menjadi relewan yang berpengetahuan, berketerampilan dan mampu bekerjasama dengan baik serta tangguh dan ulet, tak pelak KSR PMI Universitas Negeri Padang menggelar Pendidikan dan Latihan Dasar Angkatan Ke-26 bagi anggota baru. Secara resmi, Kamis (9/1/2020) Pembina KSR PMI UNP, Nirwandi, M.Pd melepas sebanyak 75 anggota baru untuk Diklatsar Lapangan. Pada kesempatan itu, Nirwandi mengatakan, Indonesia merupakan suatu Negara dengan rawan bencana. Bencana bisa datang sewaktu-waktu, tanpa mengenal dimana dan dalam keadaan apa saja. Sehingga bertahan hidup saat bencana adalah hal wajib yang harus dilakukan oleh setiap individu orang terutama seorang relawan KSR. 

"Seorang relawan KSR dituntut untuk selalu siap, sigap, dan tanggap kapanpun dan dimanapun untuk menangani saat bencana terjadi. Untuk itu, seorang KSR perlu memiliki skill yang cukup di lapangan agar siap dalam bertugas dalam sebuah bencana. Sehingga, KSR PMI Unit UNP  menyelenggarakan kembali Diklatsar untuk membekali para anggota baru sebelum terjun langsung untuk bertugas di lapangan," ujarnya. Diklatsar diselenggarakan 9-11 Januari 2020 dengan materi mengenai menajemen perjalanan, packing, dan dasar survival kemudian dilanjutkan dengan kelapangan. Selain itu, para peserta juga melakukan simulasi evakuasi medan berat.

"Selamat datang KSR muda, semoga materi-materi pelatihan yang diberikan menambah kemampuan dan pengetahuan, sehingga menambah bekal untuk memberikan bantuan kemanusiaan kepada masyarakat saat bencana melanda," ujar Nirwandi saat melepas mereka ke lapangan, Kamis (8/1). (Agusmardi/Humas UNP)