Empat Mahasiswa UNP Wakili Indonesia di Ajang IABC di Cina

Empat Mahasiswa UNP Wakili Indonesia di Ajang IABC di Cina
Printer Friendly, PDF & Email
Kategori

Padang -- Anak muda Sumatera Barat yang terus menggeluti cabag olahraga Sepak takraw terus meningkatkan keterampilannya. Terampil bermain sepak takraw, empat petakraw andalan Sumbar yang berstatus mahasiswa Universitas Negeri Padang, terbang ke Qindau Cina untuk berkompetisi di ajang International Asian Beach Championship Sepak takraw, yang berlangsung  7 hingga 13 Juli 2019.

Empat petakraw tersebut adalah Rolly Afriandi, Zulfahmi, Rino Dewantara dan Zebrian. Keempat petakraw Sumbar dari Mahasiswa Fakultas Ilmu Keolahrgaan UNP itu didampingi langsung Ketum PSTI (Persatuan Sepak takraw Indonesia) Pengprov Sumbar, Syafrizal Bakhtiar, Syauqi (manajer) dan Syahril Bais (pelatih).

Menurut Syafrizal, yang juga mantan atlet sepak takraw, permainan sepak takraw memerlukan kemampuan dan kelincahan seluruh tubuh terutama bagian kaki, agar gerakan yang dihasilkan dapat maksimal.

Dikatakannya, dengan tampilnya empat petakraw Sumbar di ajang International Asian Beach Championship (IABC), yang merupakan ivent sepak takraw dunia yang di rekomendasikan Presiden ASTAF (Association Sepak takraw Asia), pelatih dapat melihat kemampuan smash mereka, karena smash sangat penting dalam bermain sepak takraw.

"Banyak poin diperoleh dari teknik ini. Biasanya gerakan smash dilakukan dengan teknik sepak telapak kaki yaitu seluruh kekuatan berada dipergelangan kaki. Teknik ini juga dapat digunakan untuk menjangkau bola yang jauh dan juga menahan smash lawan," terang Syafrizal.

Syafrizal menambahkan, pihaknya berterimakasih kepada Presiden ASTAF yang telah menunjuk Pengprov PSTI Sumbar, dengan penunjukan itu tim inti Sepak takraw Pra PON 2019 Sumatera Barat dapat juga memanfaatkan sebagai ajang melatih mental menjelang Pra PON yang akan berlangsung 2 hingga 6 Agustus 2019 mendatang. (Humas UNP)