Dekan FMIPA UNP Terima Audiensi Mahasiswa Jepang

Dekan FMIPA UNP Terima Audiensi Mahasiswa Jepang
Kategori

Ada suasana yang berbeda di ruang kerja Kerjasama dan Humas UNP, Senin (21/8). Ternyata dikunjungi Toma Fujimoto, mahasiswa Universitas GIFU Jepang yang saat ini mengikuti program student exchange (pertukaran mahasiswa) selama satu bulan. Mengawali kunjungannya Toma Fujimoto telah bersilahturahmi dengan Dekan FMIPA UNP, Prof. Dr. Lufri, MS.
Dalam wawancara tim Humas UNP dengan mahasiswa Jepang yang akrab disapa Toma, Senin (21/8), menyebutkan, di Universitas GIFU ia mengikuti program studi mechanical enginering, namun di FMIPA UNP ia bergabung dengan prodi kimia.
Diterangkannya, mengikuti program pertukaran mahasiswa merupakan life-changing experience. Selain aktivitas belajar ia juga berharap bisa mengunjungi tempat-tempat menarik dan memperoleh hal-hal baru yang sangat menyenangkan.
 "Pengalaman selama di Padang tentu menumbuhkan sikap apresiasi saya terhadap budaya bangsa lain. Penting untuk dimiliki, karena d era globalisasi ini, mentalitas ini sangat diperlukan untuk menciptakan hubungan antar warga dunia yang lebih erat," ujar Toma, yang mengaku juga pemegang sabuk hitam Karate-Do ini, seperti yang diterjemahkan Muhammad Chandra, mahasiswa UNP yang bulan depan depan juga mengikuti program yang sama ke Jepang.
 Secara terpisah, Dekan FMIPA UNP Prof. Dr. Lufri, MS menginformasikan secara khusus tujuan dari pertukaran pelajar atau mahasiswa ini untuk meningkatkan kualitas mahasiswa. Dengan belajar selama sebulan tentu akan ada manfaatnya bagi mahasiswa. Selain itu bagi pribadi mahasiswa kesempatan ini menambah rekan studi atau mencari referensi untuk studi atau penelitiannya.
 aa
"Pertukaran mahasiwa jepang ke UNP ini sudah berlangsung pada tahun sebelumnya. Bahkan untuk tahun ini FMIPA UNP juga mengirimkan dua orang mahasiswa untuk program pertukaran mahasiswa, mereka adalah Muhammad Chandra dan Rizky Zalmi Putra," terang nya.
Ditambahkannya, dengan program ini para mahasiswa dapat terus mengembangkan diri dalam menghadapi persaingan pada era global. Diharapakan mereka inten menjalin kerja sama dan berkomunikasi setelah mengikuti program ini.
Khusus kepada mahasiswa FMIPA yang akan bertolak ke Jepang, Prof. Dr.  Lufri, MS mengharapkan agar kedua mahasiswa ini dapat menjaga nama baik universitas selama mengikuti program ini dan setelah pulang nantinya dapat membagi segala ilmu yang diperoleh selama di Jepang kepada mahasiswa lainnya.
 "Tidak hanya itu, dengan program ini juga dapat memberikan motivasi dan penyemangat dalam mengembangkan kemampuan mereka," tambahnya, (Humas UNP)