Buku Berbasis Teknologi Augmented Realty Diterbitkan Tiga Mahasiswa UNP

Buku Berbasis Teknologi Augmented Realty Diterbitkan Tiga Mahasiswa UNP
Printer Friendly, PDF & Email
Kategori

Padang -- Tiga mahasiswa Universitas Negeri Padang berhasil menerbitkan buku berbasis Teknologi Augmented Reality (AR). Membawa prinsip penampilan objek 3D (tiga dimensi) yang interaktif dengan memanfaatkan teknologi berbasis AR, mereka mampu memunculkan objek bangun ruang yang terdapat pada buku ke dalam bentuk objek 3D berserta animasinya yang akan ditampilkan melalui aplikasi VirGo (Virtual Geometry). AR-geometry interactive book juga berisikan materi dan lembar kerja peserta didik pada pelajaran geometri khususnya bangun ruang sisi datar.

Ketiga mahasiswa UNP itu adalah mahasiswa jurusan Matematika angkatan 2016 Universitas Negeri Padang (UNP) yaitu Afifah Zafirah, Refenia Usman, dan Fardatil Aini Agusti. Mereka didorong atas Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) bidang penelitian eksakta,  PKM Penelitian Eksakta (PKM-PE), yang merupakan salah satu program tahunan yang diselenggarakan oleh Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia (Kemenristek Dikti RI).

Ketika salah seorang dari mereka, Afifah Zafirah menyebut launching perdana buku itu telah berlangsung di Gedung FMIPA UNP, Jln Prof Hamka, Air Tawar Padang beberapa waktu lalu. Efektivitas AR-Geometry Interactive Book bermanfaat dalam meningkatkan kemampuan penalaran matematis peserta didik.

“Alhamdulillah tahun ini, tim PKM-PE kami berhasil lolos tahap seleksi proposal dan didanai oleh kemenristekdikti, dan kami berharap bisa tampil memukau pada monev eksternal pada 5-6 juli 2019, serta dapat tampil di ajang bergengsi yaitu PIMNAS pada Agustus mendatang yang akan berlangsung di Universitas Udayana, Bali. Kami berharap bisa membanggakan orang tua serta mengharumkan almamater tercinta, UNP” ujar Afifah Zafirah, Rabu (3/6).

Sementara itu, Refenia Usman menjelaskan, PKM bidang penelitian eksakta merupakan salah satu program tahunan yang diselenggarakan oleh Kemenristek Dikti RI. AR-Geometry Interactive Book merupakan buku hasil penelitian PKM-PE. Buku menjadi salah satu luaran atas pelaksanaan PKM-PE. Nantinya tim terbaik akan diundang pada Pekan Ilmiah Nasional (PIMNAS) yang tahun 2019 ini akan berlangsung di Bali, yang memperlombakan Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) guna menampilkan hasil penelitian yang telah dicapai dan mampu menjadi inovasi kreatif anak bangsa.

“Adanya kolaborasi antara media pembelajaran dan teknologi Augmented Reality merupakan salah satu upaya kreatif dan inovatif yang ditawarkan bagi peserta didik. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, AR-geometry interactive book dapat menjadikan proses pembelajaran lebih interaktif dan mampu meningkatkan kemampuan penalaran matematis peserta didik berkisar 33,4% dari sebelumnya,” papar Refenia Usman.

Sementara itu, Fardatil Aini Agusti menjelaskan bahwa luaran dari PKM-PE ini tidak hanya AR-geometry interactive book, melainkan juga tim PKM-PEini akan mengikuti International Conference Science and Technology 2019 yang diselenggarakan oleh Universitas Bengkulu pada 6-7 Juli 2019. Tim akan mempresentasikan karya ilmiah dengan judul The Effectivity of AR-Geometry Interactive Book in Increasing Students’ Mathematical Reasoning Skill. Selain itu, luaran pada PKM-PE ini juga telah berhasil memiliki Hak Kekayaan Intelektual (HKI) yang dibuktikan dengan sertifikat HKI, serta Artikel Ilmiah yang akan di publish pada Jurnal Terakreditasi.  (Humas UNP)