Sosialisasi Instrumen Baru Akreditasi dan Penjaminan Mutu: TINGKATKAN AKREDITASI PRODI UNP MENYONSONG UNIVERSITAS UNGGUL DI ASIA TENGGARA

Sosialisasi Instrumen Baru Akreditasi dan Penjaminan Mutu: TINGKATKAN AKREDITASI PRODI UNP MENYONSONG UNIVERSITAS UNGGUL DI ASIA TENGGARA
Printer Friendly, PDF & Email
Kategori

Padang -- Sosialisasi Instrumen Baru Akreditasi Program Studi (IAPS.4.0) dan Sistem Penjaminan Mutu Internal dan Eksternal yang dihelat LP3M (Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu) Universitas Negeri Padang (UNP), Jumat (9/8/2019), antara lain menyiapkan 30 Prodi mendapat pengakuan internasional dalam menuju universitas unggul di Asia Tenggara. Dalam iven sosialisasi ini, pimpinan sivitas akademika dari fakultas hingga universitas diajak meningkatkan sertifikasi internasional baik ASIIN maupun AUN-QA untuk memperoleh pengakukan internasional dalam penjaminan mutu eksternal. Baik prodi yang telah terakreditasi A maupun prodi yang terakreditasi B.

Seperti yang digelar pada Jumat (9/8) yang bertajuk Sosialisasi Instrumen Baru Akreditasi Program Studi (IAPS.4.0) di Auditorium UNP. Acara sosialisasi instrumen baru akreditasi kali ini menghadirkan Dewan Eksekutif BAN -PT, Sugiyono Ph.D dan sosialisasi sistem penjamin mutu menghadirkan Dr. Ir. Johanes Pramana Gentur Sutapa, M.Sc.

"Pada saat ini akreditasi institusi UNP telah memperoleh akreditasi A atau unggul dan selalu berupaya untuk meningkatkan akreditasi program studi untuk mendapatkan akreditasi A dan akreditasi B. Pada tahun ini, UNP juga berupaya untuk mendapatkan sertifikasi internasional seperti sertifikasi dari AUN-QA yang akan melakukan visitasi pada Agustus ini," jelas Rektor UNP, Prof. Ganefri yang diwakili Wakil Rektor 1, Prof. Yunia Wardi dalam acara sosialisasi itu di Auditorium UNP,  Air Tawar Padang.  Prof. Yunia Wardi mengharapkan target dan tujuan UNP serta program studi adalah meningkatkan budaya mutu dan pelayanan mutu oleh semua sivitas akademika UNP. "Jika budaya mutu sudah meningkat bagi sivitas akademika, maka kualitas lembaga akan meningkat," tegas Prof. Yunia Wardi, M.Si. Sebelumnya Ketua LP3M UNP melaporkan bahwa saat ini UNP memiliki akreditasi A (unggul) 39 Prodi dari 101 Prodi. Untuk akreditasi internasional ada 15 Prodi yang akan diakreditasi dan diprediksi bernilai A. 

"Di samping itu, UNP juga akan divisitasi rekognisi internasional dalam penjaminan mutu AUNQA pada tgl 20 sd 22 Agus 2019 mendatang untuk 4 Prodi lagi dan tahun 2020," urainya

Dikatakan Edwin Musdi lagi, UNP juga mempersiapkan Akreditasi Internasional ASIIN dari German  sebanyak 10 prodi dan direncanakan divisitasi awal tahun 2020 untuk prodi pada fakultas MIPA dan Fakultas Teknik. 

"Pada 1 januari 2020 akan didaftarkan lagi  10 prodi untuk mengikuti sertifikasi AUN-QA. Direncanakan sampai tahun 2021, 30 prodi memperoleh pengakuan internasional dalam penjaminan mutu eksternal," pungkasnya Sementara itu Dr. Sugiyono, narasumber dari BAN PT Kemenristekdikti, menegaskan jika dievaluasi motif calon  mahasiswa masuk ke suatu perguruan tinggi pada umumnya untuk mendapatkan pekerjaan. Oleh karena itu,  perguruan tinggi harus mengembangkan program studi dan lulusannya yang sesuai dengan kebutuhan lapangan kerja. (Humas UNP)