Jaminan Produk Halal; UNP Resmikan Pusat Kajian Halal

Jaminan Produk Halal; UNP Resmikan Pusat Kajian Halal
Printer Friendly, PDF & Email
Kategori

Ruangan Auditorium Fakultas Matekmatika Ilmu Pengatahuan Alam (FMIPA) Universitas Negeri Padang, Senin (9/4) pukul 09.00 WIB, dipenuhi ratusan mahasiswa, dosen dan pimpinan fakultas serta undangan lainnya. Ada tiga pembicara yang dihadirkan dalam rangka Seminar Halal Internasional dan Launching Halal Center UNP.

Pembicara pertama adalah Dr H Ali Asmar, MPd, Sekdaprov Sumbar dengan materi "Kebijakan Pemprov dalam Menjadikan Sumatera Barat sebagai Destinasi Halal Dunia. Pembicara kedua, Prof Irwandi Jaswir, ilmuwan dan ahli bioteknologi Indonesia yang eksis meneliti di Malaysia dengan materi "University Halal Center Management".

Sedangkan pembicara terakhir, Buya H Gusrizal Gazahar, Lc, M,Ag, Ketua MUI Sumatera Barat dengan materi "Urgenzi Penyajian Dalam Syariah. Untuk mengawali Seminar Halal Internasional dan Lauching Halal Center, Rektor UNP, Prof Ganefri, PhD memberikan sambutan sekaligus membuka kegiatan ini secara resmi.

Pada kesempatan itu, Prof Ganefri mengungkapkan sebagai negara dengan populasi penduduk Muslim terbesar di dunia, produk makanan dan minuman halal menjadi sebuah kebutuhan bagi masyarakat Indonesia. Namun faktanya, banyak masyarakat yang kesulitan dalam mengidentifikasi kehalalan suatu produk makanan dan minuman.Di samping itu, industri halal juga kian berkembang di berbagai negara seiring dengan pertumbuhan dan persebaran populasi umat Muslim.

Menjawab tantangan tersebut, UNP sebagai perguruan tinggi unggulan di Indonesia berupaya mengedepankan pendekatan riset untuk memeriksa kehalalan suatu produk. Tujuan itu diimplementasikan melalui riset Kajian Halal di UNP.

"Lebih dari itu, Pusat Kajian Halal(PKH) UNP juga berperan melakukan penelitian untuk mencari bahan pengganti produk haram yang saat ini digunakan sebagai bahan makanan dan obat-obatan," ujar Rektor UNP.

Sementara itu, Kepala Pusat Kajian, PKH UNP, Miftahul Khair menjelaskan, dengan adanya kegiatan ini, PKH UNP resmi didirikan pada 9 April 2018 disahkan sebagai pusat kajian di UNP oleh SK Rektor tertanggal 1 Maret 2018.

Dipaparkannya kegiatan yang dilakukan di PKH meliputi edukasi, riset, analisis, memberikan pelayanan kepada masyarakat dan memberikan masukan terhadap pemerintah terkait dengan produk halal dan regulasinya. PKH dibentuk berdasarkan kebutuhan informasi kehalalan yang lengkap dan akurat bagi masyarakat muslim mengenai pentingnya produk halal.

Dikatakannya, PKH UNP dimasa mendatang memiliki beberapa program di antaranya adalah, Penyiapan dan pelatihan auditor tersertifikasi, Halal Care , Peningkatan kapasitas melalui Focus Group Discussion (FGD), workshop, dan pelatihan, Riset terkait produk halal, penyiapan publikasi nasional melalui jurnal halal dan pembentukan Lembaga Penjaminan Halal (LPH).

Selain Rektor UNP, turut hadir juga Wakil Rektor UNP, Prof Syahrial Bakhtiar (WR4) dan Prof Ardipal (WR3). Pada kesempatan itu, Rektor UNP memberikan apresiasi atas kehadiran Ketua MUI Sumbar, H Gusrizal Gazahar dengan penyematan pin. Sementara Prof Irwandi Jaswir selain penyematan pin oleh Rektor UNP, juga mendapatkan cenderamata dari Sekdaprov, Ali Asmar.

Seminar ini yang dirangkai dengan pengukuhan PKH ini dihadiri oleh para peserta seratusan mahasiswa ini berjalan lancar. (Humas UNP)

Jaminan Produk Halal; UNP Resmikan Pusat Kajian Halal