Profil Singkat Pimpinan

Profil Singkat Pimpinan
Pimpinan universitas adalah rektor. Rektor dipilih oleh anggota senat dan Menristekdikti pada suatu rapat senat untuk masa jabatan 5 tahun.  Pemilihan rektor dilaksanakan sesuai Peraturan Menteri Riset, Teknologi, Dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia nomor 67 tahun 2016 tentang statuta Universitas Negeri Padang. Rektor dalam menjalankan tugasnya dibantu oleh wakil rektor. Tugas rektor dan wakil rektor menjalankan fungsi pengelolaan universitas secara keseluruhan;  menyusun dan/atau menetapkan kebijakan akademik,  norma akademik;  menyusun dan/atau mengubah rencana pengembangan jangka pklanjang 25 tahun UNP dan renstra lima tahun UNP;  mengelola pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat sesuai dengan rencana kerja dan anggaran tahunan UNP, membina civitas akademika, serta menjalin hubungan baik di lingkungan universitas dan masyarakat. Berikut adalah susunan pimpinan Universitas Negeri Padang periode 2016 – 2020.
 

0

Prof. Drs. Ganefri, M. Pd, Ph,D

Rektor
Professor bidang Technological Sciences / Electrical technology and engineering Prof. Ganefri, M.Pd, Ph,D Lahir di kota Payakumbuh Provinsi Sumatera Barat, 17 Desember 1963. Beliau dilantik sebagai Rektor UNP pada tanggal 20 Juli 2016. Sebelumnya Prof. Ganefri menjabat sebagai Ketua Kopertis Wilayah X dan Dekan Fakultas Teknik (FT) Universitas Negeri Padang. Lulus Sarjana Pendidikan Elektro IKIP Padang (1988) beliau menajutkan Studi Pasca Sarjana Pendidikan Teknik dan Kejuruan IKIP Yogyakarta (1996) dan meraih gelar Doktor Pendidikan Teknikal Vokational di UKM Malaysia (2011)
Alamat : Gedung Rektorat Universitas Negeri Padang Lt.4
Telp/fax :
 

1

Prof. Dr. Yunia Wardi, M.Si

Wakil Rektor I Bidang Akademik
Prof. Dr. Yunia Wardi, Drs, M.Si. dilahirkan di Padang Kandis Kabupaten 50 Kota tanggal 9 November 1959. Menamatkan pendidikan S1 Jurusan Pendidikan Ekonomi FPIPS IKIP Padang tahun 1983, beliau melanjutkan studi Magister Sains Ilmu Ekonomi Koperasi di Universitas Padjajaran Bandung. Setelah menyelesaikan program studi S2 beliau melanjutkan studi S3 Ilmu Ekonomi Program Pascasarjana Universitas Padjajaran, Beliau berhasil mendapatkan gelar Doktor  Ilmu Ekonomi dengan bidang kajian Manajemen Pemasaran Jasa dari Universitas Padjajaran Bandung tahun 2004.
Sebelum menjadi Wakil Rektor bidang Akademik beliau menjabat sebagai Dekan Fakultas Ekonomi UNP periode 2015-2019.
Alamat : Gedung Rektorat Universitas Negeri Padang Lt.4
Telp/fax :
 

2

Drs. Syahril, ST, M.Sc, Ph.D

Wakil Rektor II Bidang Umum dan Keuangan
Lahir di kota Maninjau Kab. Agam 06 Mei 1964, Drs. Syahril, ST, M.Sc, Ph.D menjabat sebagai Dekan Fakultas Teknik UNP pada tanggal 03 November 1964 sebelum pada akhirnya dilantik sebagai Wakil Rektor II bidang Umum dan Keuangan periode 2016 – 2020. Beliau Sarjana Di IKIP Jurusan PT Mesin tahun 1988, kemudian melanjutkan studi Pascasarjana  Jurusan Mesin di UGM Yokyakarta dan meraih gelar doctor pada tahun 2011 di UKM Malaysia pada bidang Technological Sciences/Mechanical engineering and tenchnology.
Alamat : Gedung Rektorat Universitas Negeri Padang Lt.4
Telp/fax :
 

3

Prof. Dr. Ardipal, M.Pd

Wakil Rektor III Bidang Kemahasiswaan
Prof. Dr. Ardipal, M.Pd mendapatkan gelar doktor bidang Ilmu Pendidikan ini menempuh pendidikan doktoralnya di Universitas Negeri Padang tahun 2011. Beliau menyelesaikan sarjana di IKIP Yogyakarta pada jurusan Pendidikan Seni Musik tahun 1991 di Yogyakarta, selanjutnya beliau menamatkan studi Pascasarjana di tahun 1998 pada bidang Adminstrasi Pendidikan di Universitas Negeri Padang.
Sebelum dikukuhkan sebagai Wakil Rektor III bidang Kemahasiswaan, beliau juga pernah di percaya menjadi Wakil Rektor IV bidang perencanaan & kerjasama pada periode 2013 -2017
Alamat : Gedung Rektorat Universitas Negeri Padang Lt.4
Tlp/fax :

 

4

Prof. Dr. Syahrial Bakhtiar, M. Pd

Wakil Rektor IV Bidang Perencanaan & Kerja Sama
Lahir di Tj, Uban Kep. Riau / 12 Oktober 1962. Prof. Syahrial bakhtiar,M.Pd lulus sarjana pada Fakultas Pendidikan Olahraga dan Kesehatan (FPOK) IKIP Padang tahun 1985, beliau menjautkan studi S2 Program Studi Pendidikan Olahraga di IKIP Jakarta tahun 1994, dan meraih gelar Doktor Ilmu Kependidikan di PPs UNP tahun 2011. Kini Professor pada bidang Motor Learning / Sport Phsiology ini dilantik sebagai Wakil Rektor IV bidang Perencanaan & Kerjasama tertanggal 28 Desember 2016.
Pada tahun 2008 Prof. Syahrial bakhtiar mengikuti program Sandwich di OHIO STATE UNIVERSITY, Amerika Serikat. Sebelum menjadi Wakil Rektor IV beliau juga pernah menjabat Pembantu Rektor III Universitas Negeri Padang dan Dekan FIK UNP, selain itu beliau juga pernah menerima penghargaan sebagai Dosen teladan II IKIP Padang tahun 1996 dan juga pernah menjadi Ketua Umum koni Provinsi Sumatera Barat Periode 2009 – 2016.
Alamat : Gedung Rektorat Universitas Negeri Padang Lt.4
Telp/fax :