Setelah Kick Off Layanan SSO Telkom, Mahasiswa UNP Gratis Internetan (Kuliah Umum)

Setelah Kick Off Layanan SSO Telkom, Mahasiswa UNP Gratis Internetan (Kuliah Umum)
Printer Friendly, PDF & Email
Kategori

Padang -- Penggunaan sinyal internet sudah menjadi kebutuhan primer memasuki era revolusi industri 4.0, seperti bagi mahasiswa dan sivitas Universitas Negeri Padang (UNP), dinilai wifi.id sangat dibutuhkan karena mendukung perkuliahan. Mulai semester ini UNP menggunakan layanan SSO Telkom.

Demikian dikatakan Rektor UNP, Prof Ganefri saat membuka kuliah umum dengan tema "Kick Off Layanan SSO Universitas Negeri Padang 2019", yang menghadirkan Arliek Arnastoto, ST, M.Si, GM ES Education Managament Service Telkom Indonesia, Senin (19/8) di Auditorium UNP

Menurut Prof Ganefri, saat ini bagi sivitas akademika sebuah perguruan tinggi sinyal internet sudah menjadi kebutuhan primer memasuki era revolusi industri 4.0. Menyadari hal itu Universitas Negeri Padang mulai semester ini akan menggunakan layanan SSO telkom, yang diperuntukkan kepada semua sivitas akademika termasuk mahasiswa di kampus-kampus UNP. Ini merupakan hasil kerja sama UNP dengan Telkom Indonesia. Dikatakannya layanan wifi.id ini sangat penting dan perlu untuk peningkatan pembelajaran pada masa revolusi industri 4.0 ini.

"Pada masa kini sumber belajar sudah tersedia di berbagai laman (website) dan harus dicari secara mandiri oleh mahasiswa. Perkuliahan di UNP pada saat ini tidak hanya mengandalkan perkuliahan tatap muka, tetapi sudah harus memanfaatkan semua sumber belajar yang dapat dilakukan kapan saja dan di mana saja,” tambahnya.

Lebih lanjut Ganefri mengungkapkan, internet gratis tidak hanya bisa digunakan di lingkungan kampus, namun mahasiswa juga bisa mengaksesnya dimana saja diseluruh Indonesia dengan memanfaatkan fasilitas wifi-id.

Dijelaskannya, penyediaan akses internet gratis kerjasama dengan Telkom Indonesia tersebut merupakan bagian dari pengembangan "blue print" dari universitas untuk menuju salah satu "smart kampus" di Indonesia.

Ada beberapa tahapan yang harus dipenuhi oleh UNP untuk masuk dalam jajaran "smart kampus", salah satunya yang paling penting ketersedian sarana dan prasarana jaringan IT dan internet.

Selama ini katanya, pihak UNP hanya menyewa layanan internet untuk lingkungan kampus saja, sekarang dengan kerjasama tersebut seluruh mahasiswa dan civitas akademika dapat menikmati internet gratis dimana saja.

"Ini salah satu layanan yang kami berikan kepada mahasiswa dalam rangka memberikan akses yang lebih luas, untuk bisa mendapatkan sumber dan tempat belajar itu dari mana saja serta waktu belajar kapan saja" katanya.

Disamping itu, pihaknya saat ini memberikan kesempatan ke dosen untuk mengembangkan teknik belajar 50 persen tatap muka dan 50 persen lagi bukan tatap muka (daring), hal tersebut harus ditopang dengan sistem jaringan yang kuat.

Pada akhir kegiatan kuliah umum ini, juga dilakukan peluncuran layanan atau penggunaan SSO telkom di kampus-kampus Universitas Negeri Padang dengan penandatanganan kerja sama UNP dengan Telkom Indonesia. 

"Hari ini kami sudah penandatangan naskah kerjasama (MoU) dengan Telkom Indonesia untuk menyediakan akses internet secara gratis bagi mahasiswa dan civitas akademika UNP," kata Rektor UNP, Ganefri di Auditorium UNP, Senin (19/8)

Sementara itu General Manager ES Education Services Telkom Indonesia, Arliek Arnastoto mengatakan pihaknya sangat berkomitmen memajukan kampus secara bersama-sama dan mendukung UNP menuju "smart kampus" dan masuk rangking secara global. Ia menambahkan dari 4.520 perguruan tinggi di Indonesia, hanya sekitar 1.000 perguruan tinggi yang telah memiliki akses internet berkualitas broadband.

"Kami menyediakan 300 ribu akses wifi diseluruh wilayah Indonesia, ini bisa dimanfaatkan oleh mahasisw UNP," katanya. (Humas UNP)