Ingin Tahu Apa Itu Kanker Serviks, Ikuti Penyuluhan dr. Elsa di Rektorat UNP

Ingin Tahu Apa Itu Kanker Serviks, Ikuti Penyuluhan dr Elsa di Rektorat UNP
Printer Friendly, PDF & Email
Kategori

Padang -- Puskesmas Air Tawar didukung tim Pengabdian kepada Masyarakat Universitas Negeri Padang (UNP) yang dipimpin dr. Elsa Yuniarti Biomed telah memberikan Penyuluhan dan Screening Kanker Serviks pada wanita usia produktif, Jumat (20/9) lalu.

Hal tersebut disampaikan dr. Elsa Yuniarti, yang merupakan dosen di Fakultas Matematika Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) UNP, Senin (30/9).

Penyuluhan dan Screening Kanker Serviks pada wanita usia produktif se-lingkungan UNP merupakan pelaksanaan pengabdian kepada masyarakat dalam bentuk sosialisasi tentang kanker serviks, yang diikuti oleh seluruh wanita usia subur, baik Dosen maupun Tenaga kependidikan selingkungan UNP. Elsa Yuniarti menjelaskan, tim melaksanakan kegiatan ini berdasarkan fakta di lapangan yang menunjukkan bahwa kanker serviks merupakan penyebab kematian kedua terbanyak pada wanita usia subur. 

"Insiden kanker serviks 1 dari 1000 wanita, yakni sekitar 80% pasien datang pada stadium lanjut dan meninggal dunia, sehingga disebut dengan " silent killer". ungkapnya.

Untuk itu, kegiatan ini diharapkan wanita usia produktif selingkungan UNP sadar akan pentingnya pengetahuan tentang deteksi dini kanker serviks. Pemeriksaan IVA dilakukan di poliklinik UNP oleh tenaga kesehatan profesional berkolaborasi dengan puskesmas Air Tawar.

Ia menyampaikan peserta sangat antusias mengikuti kegiatan ini sehingga mau melakukan pemeriksaan IVA yang difasilitasi tim pengabdi. Kegiatan ini dilaksanakan selama satu bulan mulai dari September sampai dengan Oktober 2019 secara bergiliran mulai dari pegawai di gedung rektorat dan research center UNP sampai selesai di seluruh fakultas lainnya. Sementara itu, ketua tim dari Puskesmas Air tawar dr Sayang menjelaskan kerjasama ini terus di lakukan ,karena UNP berada di wilayah kerja Puskesmas Air Tawar sehingga kinerja cakupan deteksi dini IVA ini dapat tercapai. (Humas UNP)