Presiden RI Direncanakan Hadir di UNP Untuk Pembukaan Konaspi IX-2019

Presiden RI Direncanakan Hadir di UNP Untuk Pembukaan Konaspi IX-2019
Printer Friendly, PDF & Email
Kategori

Padang —-- Universitas Negeri Padang (UNP) ditunjuk sebagai tuan rumah Konvensi Nasional Pendidikan Indonesia (Konaspi) IX Tahun 2019, dengan beberapa agenda pertemuan ilmiah.

Kegiatan pertemuan akbar Lembaga Pendidikan Tenaga Kependidikan (LPTK) se-Indonesia ini, diagendakan akan dibuka langsung oleh Presiden RI, Joko Widodo, serta dihadiri Wakil Presiden Jusuf Kalla, dan Dewan Pengarah BPIP Megawati Soekarnoputri.

“Kegiatan ilmiah di Konaspi IX nanti berisikan konfensi, seminar, diskusi, dan konferensi internasional pada 13-16 Maret 2019 nanti, akan dihadiri tokoh-tokoh nasional,” ujar Rektor UNP, Ganefri di Padang, Kamis (28/2)

Terkait kepastian datangnya Jokowi untuk membuka Konaspi IX-2019, pihak UNP terus melakukan koordinasi agar bisa hadir. Pasalnya, Jokowi juga sebagai pembicara utama dalam agenda bertemakan “Pendidikan Revolusi Industri 4.0” ini.

Selain Jokowi, tokoh-tokoh nasional lainnya yang menjadi pembicara utama, diantaranya Wapres RI Jusuf Kalla, Dewan Pimbina BPIP Megawati Soekarnoputri, Menristekdikti Muhammad Nasir, Kemdikbud Muhadjir Effendy, dan Bappenas RI Bambang PS Brodjonegoro.

“Kita tengah berusaha mendatangkan Jokowi ke UNP, semua menteri mendorong presiden ke UNP. Jika pun tidak datang, akan diwakili Wapres Jusuf Kalla,” ujar Ganefri.

Selain itu, ia juga mengungkapkan latar belakang Konaspi IX-2019 sebagai wahana akademik untuk membangun pendidikan Indonesia, bagi lembaga LPTK se-Indonesia. Apalagi katanya, hingga saat ini dunia pendidikan di Indonesia masih berhadapan dengan berbagai persoalan.

“Masih banyak persoalan pendidikan yang harus kita benahi, terutama dalam menghadapi revolusi industri 4.0 ini,” ujar Yunia.

Adapun terkait Konaspi IX-2019 ini, diungkap Yunia bahwa yang akan hadir mencapai 3000 orang. Pasalnya, setiap perguruan tinggi LPTK yang hadir, diwajibkan mengirim utusan dari 75-100 orang. Kemudian, katanya jumlah tersebut ditambah lagi peserta dari luar atau umum.

Adapun 12 kampus LPTK yang tergabung di Konaspi, diantaranya Universitas Negeri Padang (UNP), Univeritas Negeri Medan (Unimed), Univeritas Negeri Jakarta (UNJ), Universitas Pendidikan Indonesia (UPI), Universitas Negeri Semarang (Unnes), Universitas Negeri Yogyakarta (UNY), Universitas Negeri Malang (UNM), Universitas Negeri Surabaya (Unesa), Universitas Negeri Makassar (UNM), Univesitas Pendidikan Ganesha (Undiksha), Universitas Negeri Gorontalo, dan Universitas Negeri Manado.

“Kita perkirakan 3000 orang yang hadir, dengan harapan membawa dampak positif bagi dunia pendidikan di Indonesia, terutama kampus LPTK,” ujarnya. (Humas UNP)