FE,FIS dan FBS UNP - FHISIP Universitas Terbuka Bekerja Sama
Printer Friendly, PDF & Email
Kategori

Padang -- Kerjasama tiga fakultas, Fakultas Ekonomi, Fakultas Ilmu Sosial dan Fakultas Bahasa dan Seni Universitas Negeri Padang (UNP) untuk pembelajaran online dengan Universitas Terbuka (UT) disepakati. Terkait peningkatan pembelajaran e-learning, tiga fakultas UNP tersebut , Senin ( 11/2/2020) menandatangani Perjanjian Kerja Sama dengan Dekan Fakultas Hukum, Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FHISIP) Universitas Terbuka (UT), Dr. Sofyan Arifin, M.Si.

Dekan FE UNP, Dr. Idris, M.Si mengatakan perjanjian kerjasama itu disepakati karena UT merupakan satu-satunya universitas yang dipercaya Kemendikbud untuk melaksanakan pembelajaran jarak jauh. Dengan adanya penandatanganan perjanjian kerjasama itu merupakan upaya bagi FE, FIS dan FBS UNP dalam percepatan pelaksanaan pembelajaran secara online dimasa mendatang. 

"Saat ini UNP sudah ada pembelajaran secara online tapi belum maksimal, diharapkan kerjasama ini percepatan pembelajaran online akan lebih baik,"ujar Dr. Idris, mengawali sambutannya pada kegiatan tersebut, Senin (11/2/2020) di Aula FE UNP.  

Sementara itu, Dekan FHISIP UT, Dr. Sofyan Arifin mengharapkan dengan adanya perjanjian ini juga ada kerjasama penelitian dan publikasi jurnal. Dikatakannya saat ini UT ada 42 program studi yang telah memprioritaskan pembelajaran Online.

"Saat ini UT punya 42 tutor unit untuk melayani online seperti dikelas tetapi di dunia maya dan dosen yang sudah dilatih dengan kemampuan e-learning, dari proses membuka atau aktififasi program e-learning sampai proses pembelajaran pengayaan dan tugas-tugas yang berbasis aplikasi," jelasnya Sofyan Arifin.

Ditambahkannya, saat ini IT sudah menggunakan model 3.7, dimana kemampuan e-learning sesuai arahan dan dengan kebijakan Kemendikbud yakni bahwan setiap universitas harus menyediakan 40 SKS.

Pada penandatangan perjanjian kerjasama ini, pihak UT selain dihadiri Dekan FHISIP juga didampingi Ketua prodi D3 Perpajakan, Ketua Jurusan Administrasi. Sementara dari UNP selain dihadiri Dekan FE, Dr. Idris juga turut hadir Dekan FBS, Prof. Ermanto dan Dekan FIS Dr.Siti Fatimah, lengkap dengan para Wakil Dekannya. (Agusmardi/Humas UNP)