30.664 Calon Mahasiswa akan mengikuti UTBK di UNP

30.664 Calon Mahasiswa akan mengikuti UTBK di UNP
Printer Friendly, PDF & Email
Kategori

Sabtu 13 April 2019 merupakan hari pertama Universitas Negeri Padang akan menggelar Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) sebagai syarat untuk mengikuti Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN). Pelaksanaan UTBK ini berlangsung setiap hari Sabtu dan Minggu sampai tanggal 26 Mei 2019 dimana pelaksanaannya  pagi dan siang.  

Sebanyak 30.664 peserta yang akan mengikuti UTBK dalam dua gelombang, gelombang pertama 18.351 peserta dan gelombang kedua 12.313 orang peserta untuk bidang Saintek dan Soshum. Dari 30.664 peserta sebanyak terdapat 16.256 pendaftar beasiswa bidikmisi.

Pelaksanaan UTBK di Universitas Negeri Padang akan di laksanakan di 15 lokasi, tidak hanya di kamus UNP, karena UNP telah bekerjasama dengan beberapa sekolah SMA/SMK/MA sebagai mitra pelaksanaan UTBK untuk mensukseskan program nasional penerimaan mahasiswa baru tahun 2019 ini.

Lokasi di Kampus UNP terdapat di FMIPA, FBS, FT, FIP, FE, FIK   dan Lab. PTIK dan Geografi lantai 3 Gedung IT sementara sekolah mitra terdiri dari SMA N 7 Padang, MAN N 2 Padang, SMAN 3 Padang, SMKN 6 Padang, SMAN 6 Padang, SMKN 9 Padang, SMKN 3 Padang, SMKN 5 Padang, SMAN 1 Padang dan SMK Nusatama Padang. 

Rektor Universitas Negeri Padang Prof. Ganefri, Ph.D di dampingi Wakil Rektor I Prof. Dr. Yunia Wardi, M.Si pada rapat persiapan pelaksanaan UTBK kemaren   mengatakan sebagai pelaksana UTBK  di Sumatera Barat, UNP telah mempersiapkan segala fasilitas yang diperlukan untuk suksesnya pelaksanaan UTBK ini. UNP telah menyediakan dana Rp. 2,5M untuk penyediaan  komputer serta kerjasama dengan Telkom untuk penyediaan  Internet yang merupakan termasuk terbesar  di Sumatera serta di dukung oleh pengawas Ujian yang terdiri dari Dosen dan Tendik UNP yang mempunyai kemampuan di bidang IT . 

Diharapkan pelaksanaan UTBK di UNP berjalan dengan lancar dan peserta dapat memperoleh skor yang tinggi untuk digunakan nantinya sebagai prasyarat untuk mengikuti SBMPTN. (Humas UNP)