Mahasiswa FE UNP Bisa Berperan Memantau Lembaga Jasa Keuangan

Mahasiswa FE UNP Bisa Berperan Memantau Lembaga Jasa Keuangan
Printer Friendly, PDF & Email
Kategori

Padang -- Otoritas Jasa Keuangan Perwakilan Sumatera Barat terus meningkatkan edukasi literasi keuangan. Salah satunya dengan mengedukasi mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Padang, yang berlangsung di Lantai 4 Gedung Rektorat UNP, Jln Prof Hamka, Kampus Air Tawar Padang, Jumat (22/3).

"Semoga dengan melibatkan mahasiswa FE UNP, kita dapat memantau dan memberikan mediasi serta peringatan kepada pihak yang melakukan pengumpulan dana masyarakat, namun bagi yang tidak memiliki izin, dapat dimaksimalkan," Ungkap kepala OJK Perwakilan Sumbar, Darwisman.

Sementara itu, beliau menyampaikan hal tersebut sebelum Rektor UNP yang diwakili oleh Wakil Rektor II , Syahril, Ph.D. yang sekaligus memberikan sambutan dan membuka kegiatan.

Menurut kepala OJK perwakilan sumbar, kunci dari edukasi adalah bagaimana memberikan pemahaman kepada masyarakat tentang sektor jasa keuangan serta produk-produknya yang secara ketentuan sudah diberi izin.

Darwisman mengakui investasi bodong lebih banyak dilakukan oleh pihak-pihak yang selama ini tidak diawasi oleh OJK dalam artian tidak mendapatkan izin.

"Memang saat ini sudah ada Satgas Waspada Investasi, tapi OJK tidak bisa bekerja sendiri," ungkap Darwisman.

Pada sisi lain, dari waktu ke waktu OJK akan terus melakukan pemantauan dan memberikan peringatan kepada pihak yang melakukan pengumpulan dana masyarakat namun tidak memiliki izin, lanjut Darwisman.

Sementara itu, Wakil Rektor II UNP, Syahril Ph.D. berharap OJK lebih memperluas sosialisasi dan penyebaran informasi seputar edukasi literasi keuangan yang telah diprogram oleh OJK Perwakilan Sumbar ke kalangan civitas akademika UNP.

"Literasi dan pengelolaan keuangan merupakan hal yang penting bagi setiap keluarga Indonesia karena keluarga adalah salah satu pilar perekonomian. Di samping itu, pemahaman keuangan yang merata di seluruh lapisan masyarakat, inklusi keuangan dapat dicapai," ujar Syahril, PhD.

Untuk itu, dikatakannya, melalui program edukasi literasi keuangan, UNP ingin turut berpartisipasi dalam meningkatkan pemahaman dan kesadaran masyarakat Indonesia mengenai prinsip pengelolaan keuangan.

"Kapan perlu, ada kuliah umum untuk civitas akademika UNP sekalian MoU antara OJK Sumbar dengan UNP," ujarnya.

Usai pembukaan kegiatan sosialisasi itu, Rektor UNP yang diwakili oleh Wakil Rektor II, Syahril, dan Ketua OJK Perwakilan Sumbar, Darwisman saling tukar cendera mata sebagai bukti kuatnya koordinasi antara kedua institusi dan dilanjutkan dengan sosialisasi. (Humas UNP)