Kehadiran Mahasiswa pada Subuh Mubaraqah perlu Dukungan

Kehadiran Mahasiswa pada Subuh Mubaraqah perlu Dukungan
Kategori

Rektor Universitas Negeri Padang, Prof. Ganefri, Ph.D menyatakan belum puas dengan upaya Civitas Akademika Fakultas Ilmu Sosial menggiatkan Subuh Mubarakah yang merupakan program yang dicanangkan langsung oleh Rektor dan dilaksanakan setiap Jumat.
 
Menurut Prof. Ganefri, Ph.D perlu mengabsensi mahasiswa, staf dan pimpinan yang hadir sehingga bisa memaksa semua civitas untuk hadir. "Ada kelemahan secara Fakultas dalam koordinasi dan informasi. Sehingga subuh mubarakah yang dilaksanakan subuh ini mengecewakan saya," kata Prof. Ganefri, Ph.D di Masjid Raya Al-Azhar UNP, Jumat pagi (25/8). Tak hanya itu upaya, pembentukan akhlak mulia atau pendidikan berkarakter juga memerlukan dukungan semangat seluruh pimpinan civitas akademika UNP. Namun yang terpenting menurut Prof Ganefri, Ph.D ialah informasi dan absensi kehadiran.
Upaya mendorong shalat subuh berjamaah dikalangan civitas akademika UNP sekaligus menjadi budaya di tengah mahasiswa UNP diperlukan, kata Prof. Ganefri, Ph.D sebab dengan melaksanakan shalat subuh, rezeki akan semakin dekat sehingga menjauhkan diri dari kemiskinan. Malaikat menebarkan rejeki pada subuh hari.

UNP mengadakan Subuh Mubarakah yang pertama pasca Idul Fitri, Jumat (25/8). Sama halnya subuh mubarakah sebelum bulan Puasa, kali ini juga dihadiri oleh Rektor UNP, Wakil Rektor 3, Prof. Dr. Ardipal, M.Pd,  Dekan FIS, Prof. Dr. Syafri Anwar, M.Pd, Dekan FT, Dr. Fahmi Rizal, M.Pd, M.T, Dosen, Mahasiswa, Civitas Akademika dan Masyarakat sekitar.
Sesuai dengan sambutan Rektor pada Subuh Mubarakah pertama usai bulan suci Ramadhan 2017 bahwa banyak berkah yang akan didapatkan dengan melaksanakan sholat subuh berjamaah di masjid. Diharapkan, dengan pelaksanaan kegiatan ini mendapatkan berkah dari Allah SWT untuk kemajuan UNP.
Kegiatan ini diawali dengan sholat Subuh berjamaah, kemudian dilajutkan dengan kuliah subuh yang disampaikan oleh Ustadz Drs. H Hamidin Dt Rajo Endah. Dalam ceramahnya Ustadz Hamidin Dt Rajo Endah menyampaikan materi tentang Dinul Islam.
Sebelum kuliah subuh, acara diawali dengan pembacaan surat Ar-Rahman oleh Arjun Wicaksono, mahasiswa yang menjadi duta UNP pada MTQ Mahasiswa Tingkat Nasional 2017. Subuh mubarakah diakhiri dengan minum dan sarapan bersama di kediaman Rektor UNP.  “Adanya kegiatan Subuh Mubarakah ini dapat memberikan penguatan Rohani bagi masyarakat dan civitas akademika UNP sehingga terwujudnya kampus yang aman, sejahtera, dan islami,” jelas Dekan FIS Prof. Dr. Syafri Anwar, M.Pd, yang bertindak selaku penanggung jawab subuh mubarakah, Jumat (25/8).

aaa