Dari Pembukaan PKKMB Diploma III 10.000 Mahasiswa Baru UNP Bakal Giatkan Subuh Mubarakah.

Dari Pembukaan PKKMB Diploma III 10.000 Mahasiswa Baru UNP  Bakal Giatkan Subuh Mubarakah.
Kategori

Sebanyak 10 ribu mahasiswa baru Universitas Negeri Padang yang tersebar di 8 fakultas bakal mengikuti subuh mubarakah sepanjang tahun 2017, untuk mengimplementasikan sila pertama Pancasila yakni sebagai umat yang ber-Tuhan harus taat kepada Tuhan Yang Maha Esa.

"Saya sudah rasakan keutamaan shalat Subuh sungguh sangat banyak dan dahsyat. Untuk itu kepada mahasiswa baru diwajibkan mengikuti Subuh Mubarakah jika fakultasnya menjadi tuan rumah yang telah kita gulirkan tahun 2017 ini," kata Rektor UNP, Prof. Ganefri, Ph.D ketika membuka secara resmi PKKMB UNP Tahun 2017 khusus Diploma III, Sabtu (26/8) di Aula FE UNP.

Acara pembukaan PKKMB UNP Tahun 2017 khusus Diploma III dibagi dua kelompok, Gugus Aula FE dan Gugus RSG FT. Pembukaan gugus Aula FE selain dihadiri 500-an mahasiswa baru juga dihadiri Wakil Rektor 3, Prof. Dr. Ardipal, M.Pd para Dekan selingkungan UNP.

Menurut Prof. Ganefri, Ph.D himbauan mengikuti subuh mubarakah bagi mahasiswa baru itu, ketika fakultas dimana mahasiswa itu bernaung menjadi tuan rumah penyelenggara subuh mubarakah dilingkungan UNP, maka mahasiswa baru diwajibkan untuk hadir. Untuk itu, pihaknya mengintruksikan ketua jurusan mengabsensi mahasiswanya.

"Pengakuan bangsa Indonesia akan keberadaan Tuhan Yang Maha Esa sebagai pencipta dunia dengan segala isinya sudah final. Maka gerakan subuh mubarakah yang kita program di universitas mesti diikuti mahasiswa baru, kecuali bagi yang tidak beragama islam, tentu tidak diharuskan,"katanya.
 
Kegiatan subuh mubarakah UNP tahun 2017 katanya lagi, sudah mulai dilaksanakan pasca lebaran Idul Fitri yakni hari Jumat, tanggal 24 Agustus 2017 lalu. Selain untuk civitas akademika UNP sekaligus juga untuk mahasiswa baru sebagai bagian dari pembentukan akhlak yang baik di kalangan generasi muda.

aa

"Generasi muda memegang peran membangun bangsa dengan baik ke depan jadi mereka juga harus dipersiapkan menjadi SDM yang berkualitas sehingga pada penghujung perkuliahannya, UNP mampu menjadikan sarjana yang berakhlak mulia sebagaimana tujuan pendidikan nasional" katanya.
 
Untuk ditaatinya himbauan Rektor UNP itu, bagi mahasiswa baru yang tidak mengindahkan akan diberikan sanksi pelayanan, jika mahasiswa menggiatkan subuh mubarakah akan mendapat pelayanan pertama dalam hal akademik.

Subuh mubarakah dilaksanakan setiap Jumat, yang diselenggarakan fakultas secara bergantian. Maka subuh mubarakah yang diselenggarakan disetiap fakultas sekali dua bulan.  

Kegiatan tersebut, tambah Prof. Ganefri, Ph.D bagian dari gerakan UNP dalam mengimplementasikan sila Ketuhanan Yang Maha Esa sebagai fondamen dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Mahasiswa yang beriman dan kemudian bertaqwa akan lebih muda mengarahkan untuk menjadi yang terbaik. (Humas UNP)