Pramuka UNP Adakan Pelatihan Menulis Online
Printer Friendly, PDF & Email

Padang-- Pandemi COVID-19 membuat seluruh kegiatan terpaksa harus dirumahkan via daring, Minggu 10/5/2020 Racana Dang Tuanku dan Bundo Kanduang (RDTBK) melaksanakan pelatihan menulis online dengan tema APEL (Ayo Pramuka Menulis !) bersama kak Winda Azmi, Purna RDTBK yang tercatat sebagai Lulusan Terbaik Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (S2) Wisuda Periode 114.  Pelatihan online ini diikuti oleh Dewan Racana, Anggota dan Calon anggota RDTBK angkatan ke-37 via Aplikasi Google Meet. Walaupun dilakasanakan via daring hal ini tidak menyurutkan semangat untuk terus belajar dan berkegiatan walaupun dirumah saja.

Kak Vicky Olse selaku Ketua Dewan Racana Putra menjelaskan kegiatan Pelatihan menulis online ini menjadi ajang silaturrahmi antara anggota RDTBK setelah satu bulan lebih terpisahkan oleh jarak. Selain itu pelatihan ini juga mengisi waktu luang anggota masa pandemi ini. “ Selain menjadi ajang silturahmi, kelas menulis ini untuk memunculkan minat baca dan menulis anggota RDTBK. Kita menginginkan dari kelas menulis ini semua anggota RDTBK mempunyai kemampuan dalam menciptakan karya tulis serta memunculkan ide ide kreatif terutama di bidang pendidikan “ ucapnya.

Kak Winda selaku pemateri membuka pembahasan tentang membangkitkan motivasi untuk menulis. Beliau menyebutkan menulis itu penting, dengan menulis kita bisa meluapkan ide dan gagasan serta perasaan kita ke dalam bentuk tulisan dan karya. 

“Agar kita bisa menghasilkan karya tulis yang menarik kita harus tahu dulu tujuan kita menulis. Kemudian kita harus menentukan topik yang akan kita bahas ditulisan kita” ungkap Kak Winda. Beliau juga menekankan pentingnya referensi terkait ide kita, agar bisa mengembangkan ide tersebut. 

“Setelah tujuan dan referensi yang kita baca, kita juga harus menyusun jadwal rutin agar kita selalu berprogres setiap harinya “tambahnya. Hal yang biasa dalam menulis terkadang menemukan titik jenuh. Untuk menanggulangi hal ini Kak Winda menyarankan refresing terlebih dahulu dan menemukan suasana baru yang bisa menghasilkan ide-ide baru.
Kegiatan ini tetap berjalan lancar walaupun via daring dan terlihat semangat dari para peserta untuk mengikuti kegiatan ini. Kak Maila Yanti salah satu peserta  sekaligus anggota RDTBK mengatakan, kegiatan Pelatihan Menulis Online sangat menarik. 

“ Sesuai dengan namanya, kegiatan ini mampu memberikan motivasi dan dorongan anggota RDTBK untuk menulis. Pelatihan ini mampu membuka dan memberi inspirasi bagaimana memulai  menulis untuk menuangkan ide-ide kreatif anggota pramuka “ ucapnya.

Tak hanya sesi penyampaian materi dan tanya jawab, tetapi kegiatan kali ini juga terdapat sesi sharing dengan peserta yang sudah memiliki banyak pengalaman dalam menulis. Di akhir kegiatan, kakak Purna Racana yang juga mengikuti kegiatan ini berpesan dengan adanya kegiatan pelatihan online ini bisa meningkatkan kemampuan menulis anggota RDTBK dan bisa membawa Pramuka UNP sekaligus kampus Universitas Negeri Padang berprestasi dikancah Nasional maupun Internasional. (Humas UNP)