Matematika dan IPA

mipa

Universitas Negeri Padang adalah salah satu universitas tertua di Indonesia. Pertama kali berdiri sebagai Perguruan Tinggi Pendidikan Guru di Batusangkar, Sumatera Barat, Indonesia pada 1 September 1954. KemudianPerguruan Tinggi Pendidikan Guru menjadi Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan (IKIP Padang). Pada tahun 1999 di tetapkan statusnya sebagai sebuah Universitas, dengan  sebuah mandat yang lebih besar yang juga untuk  menuju program studi non kependidikan.

Dalam perkembangannya, UNP telah fokus secara konsisten pada misi utamanya pada pendidikan sementara itu juga melahirkan lapangan profesional lainnya. UNP telah siap untuk menset visinya menjadi universitas terkemuka berdasarkan ketaqwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa, bersaing secara global di berbagai lapangan ilmu pendidikan, pengetahuan,teknologi, olahraga, bahasa dan seni di  Asia Tenggara sampai 2020 dan didukung oleh staf yang mempunyai beragam keahlian. UNP bertujuan untuk melakukan sebagai sebuah pusat unggul di berbagai lapangan pendidikan, pengetahuan, teknologi, olahraga, bahasa dan seni.

 

Visi FMIPA:

Menjadikan sebuah fakultas yang memiliki budaya akademik yang kuat dan semangat untuk menjadi yang terbaik di bidang matematika dan ilmu pengetahuan alam, dan juga untuk tugas utamanya menciptakan staf pengajar matematik dan ilmu pengetahuan alam yang profesional.

 

Misi FMIPA:

Sesuai dengan visinya, fakultas ini telah mempunyaibeberapa misinya sebagai berikut:

  1. Menghasilkan tamatan yang mempunyai kemampuan akademik dan profesional di bidang pendidikan matematik dan ilmu pengetahuan alam dan dapat menyumbangkanilmu dan teknologi.
  2. Menciptakan budaya akademik,responsif, dinamis dan proaktif untuk perubahan dalam pelaksanaan tiga tugas wajib pada pendidikan tinggi, (pendidikan, penelitian dan pengabdian pada masyarakat)
  3. Memberikan pelayan pendidikan pada anggota masyarakat yang ingin belajar di bidang matematik dan IPA
  4. Menghasilkan tamatan2 yang dapat memanfaatkan pengetahuan untuk dirinya sendiri, keluarganya dan masyarakat, dan dapat menciptakan lapangan pekerjaan.
  5. Menghasilkan tamatan2 yang dapat menjadi manusia yang bermutu dalam masyarakatdan berpartisipasi dalam pengembangan yang aktif.
  6. Melaksanakan kerjasama yang lebih luas dengan peserta luar untuk mengembangkan kualitas fakultas, penelitian dan pengabdian pada masyarakat.

 

Sumberdaya Manusia dan Fasilitas:

Staf pengajar fakultas memiliki tingkat kualifikasi pendidikan mulai dari master sampai dengan doktor, tamat dari universitas dalam dan luar negeri. Beberapa staf pengajar memiliki keahlian khusus dan mendapatkan reputasi nasional, daerah, dan internasional. Fakultas FMIPA memberikan sarana ruang kelas yang pakai ac, labor komputer, dan macam2 labor lainnya seperti labor fisika, labor biologi, labor kimia, labor mikro teachng , perpustakaan Wi-Fi untuk mensuport mahasiswanya.

Site

http://fmipa.unp.ac.id/home