Ilmu Pendidikan

FIP

Universitas Negeri Padang adalah salah satu universitas tertua di Indonesia. Pertama kali berdiri sebagai Perguruan Tinggi Pendidikan Guru di Batusangkar, Sumatera Barat, Indonesia pada 1 September 1954. KemudianPerguruan Tinggi Pendidikan Guru menjadi Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan (IKIP Padang). Pada tahun 1999 di tetapkan statusnya sebagai sebuah Universitas, dengan  sebuah mandat yang lebih besar yang juga untuk  menuju program studi non kependidikan.

Dalam perkembangannya, UNP telah fokus secara konsisten pada misi utamanya pada pendidikan sementara itu juga melahirkan lapangan profesional lainnya. UNP telah siap untuk menset visinya menjadi universitas terkemuka berdasarkan ketaqwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa, bersaing secara global di berbagai lapangan ilmu pendidikan, pengetahuan,teknologi, olahraga, bahasa dan seni di  Asia Tenggara sampai 2020 dan didukung oleh staf yang mempunyai beragam keahlian. UNP bertujuan untuk melakukan sebagai sebuah pusat unggul di berbagai lapangan pendidikan, pengetahuan, teknologi, olahraga, bahasa dan seni.

Fakultas Pendidikan (FIP): merupakan bagian perkembangan sejarah UNP yang mana satu2nya jurusan yang dididirikan di Pergururan Tinggi Pendidikan Guru di Batusangkar, dan kemudian menjadi sebuah fakultas di bawah IKIP pada tahun 1963.

Visi FIP:

Menjadikan institusi yang unggul pada pengembangan ilmu pendidikan  dan melahirkan pendidik2 dan  staf pendidikan yang profesional  berdasarkan ketaqwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa.

Misi FIP:

Sesuai dengan visinya, FIP mempunyai beberapa misi sebagai berikut:

  1. Mengelola pendidikan dan melatih tenaga pendidik dan tenaga kependidikan, pada tingkatpra layanan dan dalam pelayanan nilai2 inspiratif pada produktivitas yang demokrasi yang berkarakter melalui pendidikan seumur hidup.
  2. Mendidik mahasiswa2 melalui aktivitas2 pembelajaran dan pengetahuan (belajar untuk mengetahui), keahlian (belajar untuk melakukan), karakter ( belajar untuk menjadi sesuatu), manusianya (belajar untuk hidup bersosialisasi),Tuhan (belajar untuk bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa).
  3. Mengembangkan pendidikan ilmiah, dan belajar disemua bidang2, tingkat2 dan jenis2 pendidikan.
  4. Mengadakan karya ilmiah dan kegiatan2 pengabdian masyarakat di bidangpendidikan dan praktek pembelajaran di semua bidang, tingkat2 dan jenis2 pendidikan.
  5. Mengadakan kerjasama dengan institusi2 yang terkait di berbagai bentuk kegiatan, tingkat2 pendidikan untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia dan fasilitas pada bidang pendidikan.

 

Sumberdaya Manusia dan fasilitas:

 

Staf pengajar fakultas mempunyai tingkat kualifikasi pendidikan dari (S2) Master dan tingkat (S3) Doktor, yang tamat dari fakultas2 dalam negeri dan luar negeri. Beberapa karyawan memiliki keahlian khususdan telah memperoleh reputasi di tingkat nasional daerah dan internasional. Fakultas mempunyai ruang yang memakai ac, labor komputer dan labor2 lainnya seperti labor konseling, labor PAUD, labor mikro teaching, perpustakaan, Wi-Fi untuk mendukung kegiatan mahasiswanya. Fakultas utamabertempat di kampus Air Tawar Padang, juga di Limau Manis, Bandar Buat dan Bukittinggi.

 

 

Site

http://fip.unp.ac.id/