Fakultas dan Pascasarjana

Fakultas Ilmu Pendidikan
FIP menghasilkan guru dan tenaga kependidikan dalam berbagai jenjang pendidikan (S1, S2, dan Pendidikan Profesi) di bidang Administrasi Pendidikan, Bimbingan dan Konseling, Pendidikan Luar Sekolah, Pendidikan Luar Biasa, Kurikulum dan Teknologi Pendidikan, Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Pendidikan Guru Anak Usia Dini dan Psikologi.

Fakultas Bahasa dan Seni
FBS melakukan pembinaan dan pengembangan sumber daya manusia dalam disiplin ilmu pendidikan disiplin ilmu murni dalam bidang bahasa, sastra, dan seni untuk menghasilkan lulusan dalam berbagai jenjang pendidikan (D3, S1, dan S2). Bidang ilmu yang dikembang antara lain Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia dan Daerah, Bahasa dan Sastra Indonesia, Pendidikan Bahasa Inggris, Sastra Inggris, Pendidikan Bahasa Jepang, Pendidikan Seni Drama Tari dan Musik, Pendidikan Seni Rupa, dan Desain Komunikasi Visual, serta bidang Ilmu Informasi, Perpustakaan dan Kearsipan.

Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
FMIPA mengupayakan pembinaan sumber daya manusia dalam bidang Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (MIPA) dan bidang MIPA (ilmu murni) dalam berbagai jenjang pendidikan (D3, S1, dan S2) yang diperlukan oleh berbagai jenis dan jenjang pendidikan yang relevan serta dunia industri. Bidang ilmu yang dibina meliputi Pendidikan Matematika, Pendidikan Fisika, Pendidikan Kimia, Pendidikan Biologi, Matematika, Fisika, Kimia, Biologi, dan Statistik.

Fakultas Ilmu Sosial
FIS menyelenggarakan pengembangan sumberdaya manusia dalam bidang Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, untuk berbagai jenis dan jenjang pendidikan, dan ilmu-ilmu sosial untuk berbagai jenis keahlian. Bidang ilmu yang ditawarkan antara lain Pendidikan Sejarah, Pendidikan Geografi, Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, Pendidikan Sosiologi, Geografi, Manajemen Administrasi Publik, dan Ilmu Administrasi Negara.

Fakultas Teknik
FT mendidik tenaga kependidikan teknologi dan kejuruan yang profesional dan mengembangkan tenaga profesional bidang teknik dengan jejang pendidikan D3, D4, S1, S2, dan S3. Bidang ilmu yang ditawarkan antara lain Pendidikan Teknik Elektro, Pendidikan Teknik Elektronika, Pendidikan Teknik Otomotif, Pendidikan Teknik Mesin, Pendidikan Teknik Sipil, dan bidang ilmu murni seperti Pertambangan, Teknik Elektro, Teknik Elektronika, Teknik Komputer dan Jaringan, Teknik Mesin, Teknik Otomotif, dan Chief Information Officer.

Fakultas Ilmu Keolahragaan
FIK membina dan mengembangkan bidang keolahragaan. Lulusannya dipersiapkan untuk menjadi tenaga pendidik di bidang penjas dan olahraga yang profesional dan mencetak lulusan yang dapat menjadi pelatih cabang-cabang olahraga. Bidang ilmu yang dikembangkan seperti Pendidikan Olahraga, Pendidikan Kepelatihan, Ilmu Keolahragaan, Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi.

Fakultas Ekonomi
FE mengembangkan sumber daya manusia dalam bidang pendidikan dan ilmu murni dalam bidang ekonomi dan bisnis dalam berbagai jenjang pendidikan (D3, S1, dan S2). Program studi kependidikan meliputi: Pendidikan Ekonomi dan Koperasi, Pendidikan Akuntansi, , serta ilmu murni yaitu Akuntansi, Manajemen.

Fakultas Pariwisata dan Perhotelan
FPP mengembangakan tenaga pendidik dalam bidang Pendidikan Kesejahteraan Keluarga, Pendidikan Tatabusana, Pendidikan Tataboga, dan Tatarias Kecantikan. Kemudian juga bidang ilmu murni Manajemen Perhotelan, Tata Boga, Tata Busana, Tata Rias Kecantikan.

Pascasarjana
Pascasarjana merupakan lembaga yang mengembangkan sumberdaya manusia dalam lintas disiplin ilmu pada jenjang magister dan doktor. Bidang ilmu yang ditawarkan Ilmu Lingkungan, Ilmu Pendidikan, Pendidikan Ilmu Budaya dan Seni, dll.