Bahasa dan Seni

bahasa dan seni

Universitas Negeri Padang adalah salah satu universitas tertua di Indonesia. Pertama kali berdiri sebagai Perguruan Tinggi Pendidikan Guru di Batusangkar, Sumatera Barat, Indonesia pada 1 September 1954. KemudianPerguruan Tinggi Pendidikan Guru menjadi Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan (IKIP Padang). Pada tahun 1999 di tetapkan statusnya sebagai sebuah Universitas, dengan  sebuah mandat yang lebih besar yang juga untuk  menuju program studi non kependidikan.

Dalam perkembangannya, UNP telah fokus secara konsisten pada misi utamanya pada pendidikan sementara itu juga melahirkan lapangan profesional lainnya. UNP telah siap untuk menset visinya menjadi universitas terkemuka berdasarkan ketaqwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa, bersaing secara global di berbagai lapangan ilmu pendidikan, pengetahuan,teknologi, olahraga, bahasa dan seni di  Asia Tenggara sampai 2020 dan didukung oleh staf yang mempunyai beragam keahlian. UNP bertujuan untuk melakukan sebagai sebuah pusat unggul di berbagai lapangan pendidikan, pengetahuan, teknologi, olahraga, bahasa dan seni.

 

Fakultas Bahasa dan Seni (FBS): yang mempunyai 8 jurusan, yang utamanya  bahasa dan seni memainkan peran penting, tidak hanya melahirkan kebudayaan yang memperkuat identitas nasional  tapi juga media komunikasi dan kerjasama luar negeri dalam berbagai bidang. Fakultas Bahasa dan Seni telah berusaha untuk meningkatkan kualitas sumber yang ada untuk mengantisipasi persaingan secara global dan  mencerminkan identitas nasional  dan integritas.

 

Visi FBS: Untuk menjadikan fakultas yang lebih unggul dalam mempersiapkan tenaga pendidik yang profesional yang bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, independen, dan berkualitas dalam bidang bahasa dan seni.

 

Misi FBS:Sesuai dengan visinya, fakultas ini telah menetapkan beberapa misinya diantaranya:

  1. Menghasilkan tenaga pendidik bahasa dan seni yang profesional yangyang menguasai bidangnya di pendidikan dan pedagogi yang independen, etis dan berbudaya.
  2. Menghasilkan sumberdaya manusia yang profesional dalam bidang bahasa dan seni, yang mempunyai akademik yang tinggi dan kemampuan yang profesional berdasarkanketaqwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa, dalam bidang dan seni, sehingga dapat mengkontribusikan pembangunan bangsa.
  3. Mengelola kampussebagai forum kondusifuntuk penciptaan interaksi kologial antara akademisi dalam berbagai bidang; linguistik, seni, budaya dan literatur dalam ataupun luar kampus.
  4. Memberikan pelayanan kepada masyarakat untuk pendidikan lebih lanjut di bidang bahasa dan seni
  5. Menghasilkan tamatan2 yang dapat mengembangkan dirinya sendiri, dikeluarganya maupun masyarakat, dan dapat menciptakan lapangan pekerjaan di bidang bahasa dan seni.
  6. Kerjasama di berbagai institusi yang terkait baik dalam maupun luar negeri.

 

Sumberdaya Manusia dan Fasilitas:

Staf pengajar fakultas mempunyai tingkat kualifikasi pendidikan mulai dari master sampai doktor, yang tamat dari universitas dalam maupun luar negeri. Beberapa jurusan di dukung oleh pengajar asing 2dan beberapa anggota staf pengajar memiliki keahlian khusus dan telah memperoleh reputasi pada tingkat nasional, daerah dan internasional. FBS menyediakan kelas-kelas yang pakai ac, labor bahasa, labor bahasa komputerisasi, labor komputer, bengkel, studio dan Wi-Fi untuk mensuport mahasiswa-masiswa nya.

Site

http://fbs.unp.ac.id/