FESTIVAL MURSAL ESTEN IV 2019: Jadi Semarak Jelang Dies Natalis UNP Ke-65

FESTIVAL MURSAL ESTEN IV 2019: Jadi Semarak Jelang Dies Natalis UNP Ke-65
Printer Friendly, PDF & Email
Kategori

Padang -- Fakultas Bahasa dan Seni (FBS) sebagai salah satu fakultas di Universitas Negeri Padang (UNP) mempersembahkan Festival Sastra Mursal Esten IV-2019 yang berlangsung di Gedung Teater FBS UNP pekan lalu untuk menggebyarkan Dies Natalis UNP Ke-65 serta menyemangati bersastra dan seni.

Sebagai Dekan FBS UNP, Prof. Dr. Ermanto, S.Pd., M.Hum, Senin (14/10/2019) mengatakan kreativitas bersastra bagi mahasiswa baik mahasiswa Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia dan Daerah maupun bagi masyaraklat pada umumnya perlu dikembangkan dalam kehidupan. 

"Hasil kreativitas bersastra itu perlu dipublikasikan dan disebarluaskan kepada masyarakat. Selain itu, hasil kreativitas bersastra tersebut perlu diapresiasi dan dihargai diantaranya melalui Festival Sastra Mursal Esten IV yang digelar tiap tahun di FBS Universitas Negeri Padang ini dalam rangka Dies Natalis UNP Ke-65,". ujar Dekan FBS UNP Prof. Dr. Ermanto, S.Pd., M.Hum. dalam sambutannya pada Pembukaan Festival Sastra Mursal Esten IV, Jumat (11/10) lalu.

Bertempat di gedung teater fakultas itu, lebih lanjut, Prof. Dr. Ermanto, yang bernama pena Ermanto Tolantang ini menambahkan bahwa seni sastra adalah bagian yang amat penting dan dibutuhkan dalam kehidupan. Menurut Dekan FBS UNP ini, wujud pentingnya seni sastra bertolak dari folosofi bahwa dengan ilmu hidup menjadi lebih mudah; dengan seni hidup menjadi lebih indah,  dengan agama hidup menjadi lebih terarah. Secara terpisah Ketua Jurusan Dr. Yeni Hayati, M.Hum. mengungkapkan bahwa Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia dan Daerah, FBS UNP menggelar kegiatan Festival Sastra Mursal Esten IV tahun 2019 tingkat Sumatera Barat pada 11 hingga 12 Oktober di Kampus FBS UNP Air Tawar Padang.

Lebih lanjut, Dr. Yeni Hayati, M.Hum. menjelaskan bahwa pada Festival Sastra Mursal Esten IV tahun 2019 ini akan mengelar berbagai lomba kreativitas bersastra yakni lomba baca puisi, lomba penulisan puisi, lomba pembawa acara, lomba membaca berita,  lomba debat,  lomba penulisan cerita pendek,  lomba penulisan esai,  lomba monolog, dan lomba mendongeng. (Humas UNP)