Tingkatkan Mutu Dosen, UNP Gelar Pelatihan Pekerti

Tingkatkan Mutu Dosen, UNP Gelar Pelatihan Pekerti
Kategori

Tingkatkan Mutu Dosen, UNP Gelar Pelatihan Pekerti

Sebanyak 30 dosen tetap non pegawai negeri sipil dilingkungan Universitas Negeri Padang mengikuti pelatihan Pengembangan Ketrampilan Dasar Teknik Instruksional (PEKERTI) yang diadakan di lantai 5 Gedung Perpustakaan, Kampus UNP, Air Tawar, Padang, Selasa (11/7).
Dalam sambutan pembukaannya, Wakil Rektor I UNP Prof. Dr. Yunia Wardi, menjelaskan pelatihan PEKERTI bertujuan untuk meningkatkan mutu dosen menjadi dosen profesional. Untuk itu, kepada peserta mengikuti materi pelatihan sebaik-baiknya.
"Agar lebih fokus peserta hendaknya memahami jadwal pelatihan program Pekerti yang telah disosialisasi panitia, sehingga target dari pelatihan ini yakni dosen UNP yang berkualitas tinggi tercapai, pelatihan PEKERTI merupakan tindak lanjut setelah perekrutan dosen baru beberapa waktu lalu. " ujar Yunia Wardi.
Sementara itu, Ketua Program Pekerti UNP 2017, Prof. Dr. Nizwardi Jalinus menjelaskan program PEKERTI yang dilaksanakan berupa pelatihan tatap muka yaitu penyajian materi serupa kuliah, dan tugas-tugas presentasi.
"Untuk menjadi dosen profesional mereka harus bisa menerapkan tri dharma perguruan tinggi dengan baik. Mengajar dengan baik, melakukan penelitian dengan baik, dan pengabdian masyarakat yang baik," katanya.
Ditambahkannya, pelatihan diikuti dosen tetap non pegawai negeri sipil dilingkungan UNP. Bekerjasama dengan LP3M UNP pelatihan yang berlangsung selama tujuh hari , 11-17 Juli mendatang, melibatkan 10 guru besar sebagai instruktur, diantaranya Prof Dr Elizar, Prof Dr, Syahrul R, dan Prof. Dr. Ahmad Fauzan.
Pada kesempatan itu, Ketua LP3M UNP, Dr Edwin Musdi menambahkan, dalam upaya pengembangan diri menjadi dosen UNP yang profesional, dosen harus mampu memberikan dampak positif terhadap UNP. "UNP membutuhkan dosen yang tampil dalam pembelajaran, sehingga mengajar tidak semaunya saja. Adanya program PEKERTI ini diharapkan mendorong dosen tetap non PNS di UNP menjadi kompoten sesuai dengan perkembangan teknologi dan pembelajaran di era globalisasi," ujar Ketua LP3M UNP,Dr. Edwin Musdi, M.Pd didampingi Kabag TU LP3M, Syahrel, SE., MM

Sebelumnya, angkatan pertama sebanyak 78 orang Dosen UNP, pada 20 Maret 2017 telah mengikuti Progam Pelatihan PEKERTI , yang dibuka langsung oleh Rektor UNP, Prof.Ganefri,Ph.D.